bg lower
ATAMBUA
FPPA bantu ribuan anak dan perempuan

UcaNews (18/01) - Forum Peduli Perempuan dan Anak (FPPA) yang didirikan oleh seorang biarawati di Atambua telah melayani ribuan perempuan dan anak sejak sepuluh tahun lalu.

Forum ini didirikan oleh Suster Sisilia Anak Agung, SSpS pada tanggal 3 Agustus 2000, setelah melihat kondisi para perempuan dan anak-anak di barak-barak pengungsian setelah referendum Timor Timur tahun 1999.

Menurut Sr. Sisilia, setelah Timor Timur merdeka (menjadi Timor Leste) mereka yang berpihak pada Indonesia terpaksa mengungsi ke perbatasan kabupaten Belu di mana mereka sekarang tinggal.

“Konflik senjata menyebabkan trauma fisik dan psikoligis. Ini menyebabkan banyak perempuan menjadi sasaran kekerasan fisik oleh laki-laki,” kata Sr. Sisilia.

Forum ini sekarang bekerja dengan LSM setempat termasuk Rumah Perempuan, serta dengan organisasi dunia seperti Komisi Hak Asasi Manusia PBB serta WHO.

Dengan membawa misi untuk menciptkan dunia yang aman tanpa ada kekerasan, forum ini memperjuangkan hak asasi perempuan dan anak-anak serta membekali mereka melalui berbagai program.

Program-program itu antara lain seminar dan pelatihan, konseling, menerbitkan brosur dan pamphlet tentang hak asasi manusia, perdagangan manusia, HIV/AIDS, dan sebagainya.

Pada awal Februari lalu forum ini memprakarsai program pelatihan yang diikuti sekitar empat puluh perempuan. Mereka diperkenalkan pada berbagai cara mencegah perdagangan perempuan.

“Tahun 2010 kami menangani 68 kasus,” kata Sr Sisilia kepada ucanews.com. “Kebanyakan merupakan kasus kekerasan dalam rumah tangga, pemerkosaan, dan penyiksaan.”

FPPA bekerjasama dengan berbagai macam perempuan, termasuk yang buta huruf, janda, pebisnis, orang desa, mantan pengungsi, pedagan kaki lima dan pelacur.

Forum ini juga melayani korban perdagangan manusia dan kekerasan serta anak-anak jalanan.



sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Thu Dec 08 2016 01:41 AM
Our Visitors :893571
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT