bg lower
Pasangan temukan kekuatan dalam kursus perkawinan
<4 Januari 2011>

Pasangan-pasangan di Ho Chi Minh City berterima kasih atas program Gereja untuk perkawinan mereka yang bahagia.

“Kami menerapkan apa yang kami pelajari dari kursus-kursus persiapan perkawinan dan perkawinan kami ternyata bahagia,” kata Cecilia Tran Thi My Hang yang menghadiri kursus persiapan perkawinan tahun 2006.

Ibu tiga anak itu mengatakan hal tersebut kepada 400 pasangan dan anak-anak mereka yang menghadiri pertemuan di Gereja Bunda Penolong Abadi pada 30 Desember. Gereja itu dilayani oleh para imam Redemptoris.

“Sekarang saya melihat betapa bermanfaatnya program tersebut untuk para pasangan yang ingin menjadi orangtua yang bertanggung jawab,” katanya. Para pasangan menuliskan “nhin nhuong” (pelanggaran) dan “kam tha” (pengampunan) di kertas dan menempelkannya di dinding. Mereka juga berdoa di malam hari bersama-sama, katanya.

“Dulu, saya pikir kursus persiapan perkawinan itu tidak ada gunanya untuk perkawinan saya. Itu hanya sekedar formalitas Gereja untuk bisa melakukan perkawinan resmi di gereja,” tambah Hang.

Pastor Joseph Le Quang Uy CSsR menjelaskan bahwa kursus perkawinan selama enam minggu itu bertujuan untuk memberi pengetahuan dasar tentang perkawinan. Dalam kursus-kursus itu, para imam, dokter, dan pengacara mengajarkan tentang katekismus, metode keluarga berencana alamiah dan kesehatan reproduksi, serta hukum perkawinan sipil, katanya.

Pertemuan tersebut dimaksud untuk memberikan kesempatan kepada para pasangan setempat untuk bertemu, berbagi pengalaman perkawinan, dan merayakan Pesta Keluarga Kudus, kata Pastor Joseph Nguyen Hong Phuoc CSsR, yang bertugas memberi pelayanan kepada para pasangan. Pertemuan ini juga memberi kesempatan bagi para pembina untuk mendengarkan masalah dari para pasangan, tambahnya.

Pastor Uy mengatakan 1.500 orang telah mengikuti 21 program sejak dimulai tahun 2006. Setiap program merupakan satu kesatuan yang terdiri dari serangkaian kursus persiapan perkawinan yang diberikan oleh Kongregasi Redemptoris setempat.

ucanews.com
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Tue May 23 2017 12:13 PM
Our Visitors :927765
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT