bg lower
BACA INI DENGAN TELITI DAN SEKSAMA !!!

Saturday, October 9, 2010


Surat Pernyataan Bapa Uskup Mgr. Hilarius Moa Nurak, SVD Tentang KELOMPOK PELAYANAN KASIH DARI IBU YANG BERBAHAGIA





Akhir-akhir ini mulai terdengar kembali gerakan "KELOMPOK PELAYANAN KASIH DARI IBU YANG BERBAHAGIA" di Wilayah Keuskupan Pangkalpinang. Sama seperti kebanyakan gerakan-gerakan "pembaharuan" keagamaan lainnya dalam Gereja, dapat kita katakan bahwa gerakan ini merupakan salah satu pendekatan alternatif dari spiritualitas kristiani. Di kalangan umat Katolik muncul pelbagai bentuk gerakan baru yang muncul dari pengakuan atau pernyataan psikologis pribadi tertentu yang kadang tidak mempunyai hubungan begitu jelas dengan ajaran iman atau mengaburkan doktrin maupun hidup beriman umat, seperti yang diungkapkan oleh Dewan Kepausan Untuk Kebudayaan dan Hubungan Antar Agama dalam dokumen tentang New Age





Saya ingin mengutip apa yang dikatakan oleh dokumen di atas: "Ketika pengetahuan akan isi iman kristiani lemah, dapat didukung, secara keliru, bahwa agama kristiani tidak memberikan inspirasi spiritual mendalam dan mulai mencoba untuk mencari sesuatu yang lain" (bdk, Ibid); "Gerakan-gerakan semacam ini sesungguhnya "menantang kita sebagai Umat Allah untuk melihat dan merefleksikan diri: banyak orang yang merasa bahwa agama kristiani tidak memberikan apa yang mereka butuhkan. Mereka barangkali membutuhkan suatu spiritualitas yang lebih mendalam, yang lebih menyentuh hati. Di sini ada nada posotif di tengah kehidupan dunia yang semakin individual dan materialism. Kita semua anggota Gereja harus melakukan dua hal : mendalami dasar-dasar iman dan mendengarkan kerinduan terdalam hati manusia, seringkali dalam diam, sehingga mereka mencari yang lain" (bdk, Ibid). Sehubungan dengan itu umat kristiani harus melakukan dua hal: "memeriksa dengan baik unsur-unsur ajaran suatu gerakan dan menunjukkan ajaran-ajaran yang bertentangan dengan ajaran iman yang resmi." (bdk, Ibid)





Kehadiran kelompok Pelayanan Kasih dari Ibu yang berbahagia, ini bisa jadi merupakan suatu ungkapan devosi pribadi kepada Bunda Maria, Bunda Gereja, Bunda kita semua. Gerakan atau kelompok doa ini mungkin juga muncul sebagai ungkapan iman khusus Santa Perawan Maria, yang pada akhirnya mendorong para anggotanya kepada suatu pertobatan, karya amal serta keterlibatan aktif dalam Gereja. Ini merupakan sesuatu yang positif dan karena itu kehadiran kelompok ini memberikan kepada kita "suatu tantangan positif" bagi kita. Akan tetapi, nyata juga bahwa kehadiran kelompok ini telah mengganggu kesatuan umat di beberapa wilayah yang ada di Keuskupan Pangkalpinang. Nyata juga bahwa ajaran-ajaran yang disampaikan oleh kelompok ini belum dinyatakan secara resmi diterima atau ditolah oleh Gereja Universal. Mengajar dalam kesatuan dengan Dewan Uskup dan Sri Paus, Kepala Gereja (LG. 27), saya:





A. Mendorong seluruh umat, untuk dengan tekun dan setia mengembangkan komunitas-komunitas Basis: dimana di sana umat dapat belajar bersama, berkatekese, berinteraksi mengenal satu sama lain-mendengar kerinduan-kerinduan terdalam dari pada anggota komunitas. (Bdk Kanon 212 § 1)





B. Melarang kelompok Pelayanan Kasih dari Ibu Yang Berbahagia untuk mengajarkan ajaran iman apapun di Wilayah keuskupan pangkalpinang (Bdk Kanon 750).





C. Menyatakan bahwa umat yang terlibat menyebarkan ajaran atau kelompok-kelompok ini dilarang untuk ambil bagian dalam tugas-tugas yang mengatasnamakan Gereja seperti anggota Dewan Paroki, Dewan Stasi, Pengurus Kelompok suatu Komunitas Basis, sebab peran yang mereka lakukan ini adalah tugas Gereja sebagaimana yang dijanjikan waktu mereka diangkat oleh Uskup.





D. Menegaskan bahwa segala kegiatan atau gerakan yang tumbuh atau yang masuk ke dalam Wilayah keuskupan Pangkalpinang perlu mendapat izin dari Pimpinan Keuskupan (Bdk Kanon 212 § 2; Kanon 754).





Demikian pernyataan saya sehubungan dengan gerakan ini demi kesatuan kita semua sebagai anggota Gereja Katolik dan mohon agar seruan ini diindahkan dan dilaksanakan seluruh Umat Allah Keuskupan Pangkalpinang.





Sumber : parokisantodamia





YANG PATUT DIGARISBAWAHI :





B. Melarang kelompok Pelayanan Kasih dari Ibu Yang Berbahagia untuk mengajarkan ajaran iman apapun di Wilayah keuskupan pangkalpinang (Bdk Kanon 750).





--- In ApiKatolik@---
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sat Dec 03 2016 11:02 PM
Our Visitors :892472
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT