bg lower
RAPAT KERJA PAROKI TASIKMALAYA
<13 Desember 2010>

Tinggalkan sebuah Komentar
by PAROKI HATI KUDUS YESUS TASIKMALAYA in SEPUTAR PAROKI TASIKMALAYA



Menjadi kebutuhan bersama segenap pengurus, dimulai dari tiap – tiap lingkungan, Dewan Pengurus Pastoral Paroki Hati Kudus Yesus Tasikmalaya juga para Imam yang berkarya di Paroki Tasikmalaya untuk merumuskan langkah – langkah dan sasaran kerja yang akan datang sejak memasuki awal tahun baru mendatang.

Dimulai dari Januari 2011 sampai akhir tahun 2011 mendatang, hasil raker akan menjadi dasar dan pedoman setiap unit kategorial, lingkungan, pengurus DPP dan Imam bagaimana menyinergiskan potensi dan tantangan yang ada untuk mencapai hasil yang didasarkan kebutuhan bersama.

“Apa mungkin, kita sebagai orang beriman dapat hidup sendirian? Tentunya tidak mungkin. Maka dari itu kita bersama – sama mencoba semakin menggiatkan hidup dalam komunitas – komunitas basis yang merupakan tema Pastoral tahun ini seperti yang sudah digariskan dari hasil kerja Keuskupan Bandung, di Lembang beberapa waktu yang lalu”, ujar Pastor Chris, Pr yang membuka raker selama dua hari sejak tanggal 11 sampai 12 Desember 2010.

Hadir juga hingga hari kedua untuk pendampingan dan mentor, Pastor Stefanus Albertus Herry Nugroho, Pr, Pastor Hermanus Sudarman, Pr.

Komunitas Basis Gereja dihasil dari rekomendasikan Sidang Para Uskup Asia (FABC), 17 – 27 Juli 1990 di Lembang. Membangun Gereja sebagai Communion Of Communities, seperti :

1.Persaudaraan Sejati.
2.Berpusat Pada Sabda.
3.Partisipasi.
4.Kesaksian Hidup.
5.Kepemimpinan yang tidak mendominasi.
6.Kehidupan yang harmonis dengan penganut – penganut agama lain.

Beberapa Tanda Komunitas Basis Gereja :

1.Suatu persekutuan dengan jumlah orang yang relatif kecil (10 – 30 orang).
2.Pokok pertemuan adalah bersama – sama membaca Kitab Suci dan mensharingkan.
3.Bertindak dan melakukan suatu karya bersama – sama karena Imannya.
4.Relasi dengan Gereja Universal dalam Ekaristi Kudus.

Sebelum menginjak dari inti rapat kerja yang membicarakan seputar program – program kerja, agenda kerja, anggaran – anggaran kerja dan lain sebagainya, pada hari pertama raker semua orang diajak terlibat dengan melaksanakan simulasi bagaimana, apa itu, dan dasar – dasar dari Sharing Injil 7 langkah.

Karena Sharing Injil 7 langkah, merupakan agenda pokok dalam pertemuan di tiap – tiap lingkungan nantinya, yang setiap peserta diajak untuk mendengarkan, menanggapi dan berbagi pengalaman Iman. Setiap orang mengalami bagaimana “tulisan dan bacaan Kitab Suci”, menjadi Sabda yang sungguh hidup dalam hati masing – masing.

Sharing Injil 7 langkah :

1. Mengundang Yesus.

Membuka pertemuan dengan doa, membuka hati, Tuhan berkenan hadir dan menyatukan sebagai satu saudara.

2. Membaca Teks Kitab Suci.

Teks Kitab Suci dibacakan, diberitahukan dengan jelas dan dari bacaan harian, minggu atau sesusai kesepatan dan kebutuhan bersama.

3. Menggali “Mutiara”.

Setiap orang mencari sendiri dan memilih kata – kata mana dari teks Kitab Suci yang menyentuh hatinya. Kemudian diucapkan dengan jelas dan diulangi dengan sikap tenang menghayati.

4. Hening untuk mendengarkan apa yang hendak disampaikan Tuhan.

5. Berbagi Sharing sebagai berbagi pengalaman Iman, bukan kotbah, pengajaran, bukan diskusi dan bukan adu argumentasi.

6. Kemudian membicarakan tugas bersama sebagai wujud karya nyata dari pertemuan doa.

7. Berdoa secara spontan.

Semoga rapat kerja untuk masa kerja selama satu tahun kedepan, membawa umat Paroki Tasikmalaya bertumbuh, dewasa dan berkembang ke arah kehendak Tuhan.

<by PAROKI HATI KUDUS YESUS TASIKMALAYA>
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sat Dec 03 2016 09:52 AM
Our Visitors :892317
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT