bg lower
Program narkoba ‘membuka hati’ <16 Desember 2010>

Pastor Lambertus Somar MSC, pendiri Yayasan Kasih Mulia

Pastor Lambertus Somar MSC, yang mendirikan sebuah yayasan untuk menyembuhkan para pengguna narkoba, telah membantu lebih dari 1.000 pecandu.

Sejak didirikannya pada Oktober 1998, Yayasan Kasih Mulia (YKM) telah berkembang delapan pusat rehabilitasi di Jakarta dan Bogor, Jawa Barat.

“YKM ingin menjadi saksi Tuhan, khususnya bagi orang yang lemah dan kehilangan harapan,” kata imam berusia 79 tahun itu.

Dalam wawancara dengan ucanews.com, Pastor Somar menceritakan bagaimana ia melayani para pecandu.

ucanews.com: Bagaimana Anda menangani para pecandu?

Pastor Lambertus Somar MSV: Kami menggunakan metode “Man helping man to help himself.” Kami mendengar terurama memahami bagaimana seorang pasien menjadi seorang pecandu. Kami juga menggunakan model Komunitas Terapi.

YKM ingin menejadi saksi Tuhan dan merangkul dengan rasa manusiawi, khususnya orang yang lemah dan kehilangan harapan, tanpa melihat latar belakang mereka.

Maka pentingnya pertemuan tahunan seperti Colombo Plan karena sangat besar menfaatnya untuk kita. Seandainya kita gagal itu bukan arti dari kehidupan. Kita juga dapat kiat-kiat yang baik untuk lebih berhasil. Ini sesuatu yang sangat besar dari Colombo Plan. Maka perlu kerjasama dari banyak negara berkumpul bersama untuk saling share karena masalah ini menggagu dalam kehidupan dan relasi sosial.

Sejauhmana efektivitas dari Komunitas Terapi?

Kami membuat para pecandu menjadi percaya. Kami bisa melihat kekuatan spiritual yang membantu mereka untuk menyadari bahwa ‘kami tidak sendirian tapi bersama orang yang membantu kami.’

Melalui sebuah komunitas, kami bisa belajar satu sama lain. Dengan cara ini, orang bisa berkomitmen menjadi lebih baik.

Kami tidak memberikan mereka resep kepada para pecandu tapi membuka hati mereka. Ini adalah kekuatan bahwa membantu kami untuk bangkit dan pulih.

Kita juga bisa memanfaatkan mereka yang pernah mengalami kesulitan dan ia bisa mengatakan kalau saya bisa anda juga bisa. Ini lebih efektif. Bukan bicara secara teoritis tapi orang bicara menurut pengelaman dan bicara ttg keberhasilan yang ia capai bukan impian or gambaran. Kita bisa menjadi baik dan berguna dan menjadi berkat bagi orang lain.

Berapa lama para pecandu ini sembuh?

Ini tergantung pada pasien, namun umumnya seorang pecandu membutuhkan sekitar enam bulan untuk membuka diri mereka.

Mereka juga membutuhkan enam bulan untuk diterima di masyarakat. Dan enam bulan lagi berkomunikasi yang intensif dengan mereka setelah sembuh.

Kami melihat orang yang tadinya egois, namun kini ia menjadi terbuka. Ini suatu hasil yang besar bahwa orang melihat orang lain sebagai sesama yang harus dihargai dan harus ditolong. Yang kecilpun mereka kerja sama.

Berapa banyak para pencadu sembuh?

Sekitar 80 persen berhasil sembuh. Itu bukan karena saya tapi mereka sendiri. Saya menjadi pencipta dari hidup saya. Saya hanya membantu mereka.

Pasien yang tidak bisa sembuh, ada yang meninggal, kecanduan terlalu lama dan sakit mental.

Setiap tahun kami merawat 100 pasien, dan hingga kini saya telah menyembuhkan lebih dari 1.000 pecandu. Namun jumlah itu tidak penting bagi saya, yang penting kita bisa menyelamatkan bangsa ini.

Saat ini kami memiliki 70 pasien.

Berapa banyak pasien yang menderita HIV/AIDS?

Sebenarnya ini rahasia. Namun, 50-70 persent dari pengguna rarkoba terutama jarum suntik. Itu yang membuat mereka terinveksi HIV/AIDS. Seks bebas juga menimbulkan inveksi.

Di sekolah anak-anak muda 50-60 persen seks bebas. Dan mereka tidak tahu akibatnya. Kurang pengertian maka ia terinveksi. Ini sedang terjadi sekarang sebab ada anak-anak yang terkena inveksi. Ini sangat menyedihkan.

Apa program yang Anda berikan?

Kami memilikji sejumlah program seperti pengembangan kepribadian, kerja tim, pengembangan talenta, komunikasi dan sosialitas, kepemimpinan and spiritualitas.

Back to basics adalah penting. Para pasien harus menyembuhkan diri merekas sendiri. Kita perlu kembali ke pusat permasalahan. Kita kadang lupa akan hal ini. Recovery berati ada perubahan tewrmasuk bathin. Anda harus tranformasi diri. Ini yg penting. Dan kita sebagai perawat jangat menipu pasient untuk dapat duit. Jangan sampai kita mengembangkan budaya kematian dengan cara kita. Kita boleh berpikir lebih modern dan canggih tapi kita lupa untuk back to basic.


Apa tantangan selama proses pemulihan?

Kadangkala keluarga-keluarga menolak para pasien. Sejumlah pasien yang sembuh tehal sukses dan bahkan membantu orang lain.

Seberapa pentingnya peran keluarga?

Ya. Kadangkala anggota keluarga saling mempersalahkan, keluarga broken home dan bercerai. Mereka haru melakukan rekonsiliasi juga.


Sejauhmana dukungan Gereja Katolik?

YKM ini milik Gereja, khususnya oleh Misionaris Hati Kudus Yesus (MSC). Yayasan ini diperkenalkan kepada keuskupan agung Jakarta dan keuskupan Bogor dimana kami memiliki panti-panti rehabilitasi.

Kami juga bekerja sama dengan Biro pelayanan AIDS Keuskupan Agung Jakarta untuk mengadakan program pelatihan untuk orang muda di paroki-paroki.


Bagaimana Anda mengkampanyekan narkoba ini?

Setiap tahun panti-pantii kami bersama 15 panti lain mengadakan olahraga untuk memperkenalkan kepada masyarakat untuk menjaga kehidupan yang sehat.

Dengan membantu satu orang, kita bisa menyelamatkan sepuluh orang lain. Itu adalah sulut namun kita tetap lakukan. Kita haru mengurangi angka para pengguna narkoba.

Kami juga mengadakan sponsor untuk sertifikasi nasional dan internasional kepada dokter dan konselor untuk mengerti tentang masalah narkoba. Kami juga mengawasi panti-panti rehab dan juga BNN berupa pelatihan sambil mengecek apakah mereka berjalan sesuai.

Dengan sertifikasi sangat pengaruh dirinya untuk bekerja. If tnpa sertifikat orang tak percaya. Bila negara yang inging membutukan fasilitator untuk India, Banglades, Pakistan, Sri Lanka, kami kirim ke Filipina untuk belajar bahasa Inggris. Kami yang bayar. Jadi sampai di Pakistan kita kirim para pelatihnya termasuk spiritual seperti meditasi.

Hampir 50 orang dari luar negeri, YKM yang memberikan sponsor untuk melatih mereka.



sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sun Jan 22 2017 09:52 PM
Our Visitors :902660
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT