bg lower
Plagiarisme, sekolah Katolik lawan MA

Sekolah-sekolah Katolik di Filipina hari ini mengkritik Mahkamah Agung (MA) karena membersihkan salah satu anggotanya dari tuduhan plagiarisme.

Mereka mengatakan MA keliru dalam membersihkan Hakim Mariano C. del Castillo dari tuduhan plagiarisme dan tuduhan salah tafsir keputusan dalam karya tulisnya.

Namun MA mengatakan apa Del Castillo lakukan itu bukan plagiat, dengan menyebut tidak ada maksud buruk. MA juga meminta Fakultas Hukum Universitas Filipina (UP, University of the Philippines) untuk menjelaskan mengapa tidak diberi hukuman atas perilaku buruk hakim tersebut.

“Sebagai pendidik, kami sangat sadar akan peringatan pengadilan tinggi bahwa plagiarisme tidak mungkin dilakukan tanpa ‘maksud buruk,’” demikian sekolah-sekolah tersebut dalam iklan di surat kabar.

“Bagaimana kita bisa mendisiplinkan para pelajar yang meng-copy karya atau tulisan orang lain tanpa menyebut sumber jika mereka bisa berlindung di balik penguasa di MA?” kata Dewan Koordinator Asosiasi Pendidikan Swasta (Cocopea, Coordinating Council of Private Educational Associations) dalam sebuah pernyataan.

Asosiasi Pendidikan Katolik Filipina (CEAP, Catholic Educational Association of the Philippines) dan De La Salle University juga mengungkapkan keprihatinan Cocopea itu.

“Keputusan MA mendukung budaya kemalasan dan ketidakjujuran intelektual. Karena plagiarisme bukan saja masalah hukum, tetapi yang terutama, adalah isu moral,” demikian pernyataan CEAP.

“Tuduhan terhadap Hakim Del Castillo… meliputi 19 tindak plagiarisme,” demikian pernyataan dari De La Salle.

Berbagai iklan itu menghimbau adanya aksi terbuka dan “siaga” terhadap isu tersebut dan mendorong MA untuk “menarik kembali ancaman sanksi” terhadap 37 dosen hukum yang meminta pengadilan tinggi untuk memeriksa Del Castillo.

Oleh Staf ucanews.com, Manila, Filipina
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Thu Dec 08 2016 01:43 AM
Our Visitors :893611
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT