bg lower
PGI: Rayakanlah Natal secara Sederhana


JAKARTA, KOMPAS.com — Persatuan Gereja Indonesia atau PGI mengimbau umat kristiani agar merayakan hari Natal secara sederhana.

Sekretaris Eksekutif Bidang Diakonia PGI Jeirry Sumampow mengatakan, umat kristiani tidak perlu terlalu heboh dalam menjalankan ibadah pada hari Natal untuk menghindari kericuhan yang dapat dimanfaatkan kelompok-kelompok tertentu dalam memprovokasi.

"Sering kali umat Kristen itu terlihat terlalu ramai, padahal situasi itu bisa dikurangi. Ada anjuran, kalau tidak perlu, tidak usah membawa kendaraan agar lokasi ibadah tidak terlalu ramai, menimbulkan kemacetan," katanya seusai menghadiri pembacaan pesan damai Natal 2010, di Jakarta, Kamis (23/12/2010).

Dikatakan Jeiry, memang terdapat kelompok-kelompok tertentu yang akan berusaha memperkeruh suasana perayaan Natal dengan membesar-besarkan hal sepele. "Misalnya karena terlalu heboh, ke gereja bawa mobil, padahal bisa jalan kaki, jadi macet. Padahal kemacetan itu biasa, tapi bisa dipakai memperkeruh suasana," paparnya.

Untuk itulah, PGI meminta umat kristiani dapat menahan diri untuk tidak heboh demi ketenangan bersama, di samping demi menghemat pengeluaran. Selain mengimbau agar tidak berlebihan, PGI meminta umat kristiani agar tidak terpancing atau terpengaruh provokasi oleh kelompok-kelompok tertentu. "Bersikaplah tenang dan rayakan Natal seperti biasa," imbuhnya.

Jeiry juga meminta pihak kepolisian agar tidak berlebihan dalam mengamankan Natal. Tidak perlu menggembar-gemborkan rencana pengamanan Natal yang dapat menimbulkan kecemasan umat kristiani, bahkan umat lainnya yang tidak merayakan Natal. "Laksanakan saja tugasnya, sewajarnya," kata Jeiry.
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sat Dec 03 2016 11:01 PM
Our Visitors :892468
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT