bg lower
Perubahan iklim jadi fokus orang muda
<02/12>

Berbagai kelompok orang muda tingkat paroki dari sejumlah negara akan fokus pada perubahan iklim, evangelisasi, dan pengorganisasian orang muda setelah mengikuti Konferensi FIMCAP Asia pertama. FIMCAP adalah federasi internasional dari gerakan-gerakan kaum muda Katolik tingkat paroki.

Konferensi yang berlangsung 26-28 November di Chilaw, Sri Lanka, itu mengambil tema His Kingdom, Our One Concern.

FIMCAP yang anggota-anggotanya ada di lebih darui 20 negara di dunia juga akan memperkuat basisnya di Asia. Sekarang ini, FIMCAP memiliki afiliasi di Filipina, Sri Lanka, dan India.

Ranjana D’Silva, penggerak FIMCAP Asia, mengatakan kepada ucanews.com bahwa pertemuan yang baru berakhir itu dimaksud untuk membuat strategi pengembangan FIMCAP. Satu presidium akan dibentuk untuk mewakili tiga negara Asia tersebut yang telah menjadi anggota, katanya.

Di Sri Lanka, gerakan tersebut akan berkonsentrasi pada peningkatan kesadaran orang muda Katolik untuk tanggap terhadap perubahan iklim dan berbagai isu lingkungan hidup. India akan menjadikan evangelisasi sebagai prioritas utamanya, sementara Filipina akan fokus pada pelatihan dan pengorganisasian kaum muda.

Pastor Reid Shelton Fernando, pembicara utama dalam konferensi tersebut, memberi outline tentang keprihatinannya mengenai berbagai ketimpangan ekologis dan pemanasan global.

“Alam adalah anugerah Allah dan kita harus menghormati dan melestarikannya,” kata Pastor Fernando, moderator Gerakan Karyawan Muda Kristen di Kolombo.

Dia juga menyoroti tanggungjawab para pemimpin untuk mengajar anak-anak dan orang muda tentang pentingnya merawat planet ini.

Melakukan karya kaum muda tidak hanya mencakup pengembangan kepribadian, tetapi membantu mereka menjadi warga negara yang bertanggungjawab dan penolong Allah dalam melestarikan alam ini, katanya.

Moderator FIMCAP, Pastor Gregory Monteira, mengatakan dalam pertemuan tersebut bahwa orang muda Asia hendaknya berperan konstruktif dalam melestarikan alam dan tanggap terhadap pemanasan global.

Didirikan tahun 1960, FIMCAP menggambarkan dirinya sebagai sebuah federasi internasional gerakan orang muda tingkat paroki. Selain itu FIMCAP juga merupakan sebuah keluarga bagi para karyawan muda, kaum muda, dan anak-anak di seluruh dunia.

Oleh Reporter ucanews.com, Chilaw, Sri Lanka



sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Tue Dec 06 2016 12:04 AM
Our Visitors :892949
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT