bg lower
Peran keluarga perlu bagi kesembuhan pecandu
By Konradus Epa, Jakarta

Keluarga mempunyai peran sangat penting dalam proses penyembuhan orang-orang kecanduan, dan tentu saja para pecandu itu sendiri, kata seorang pastor yang sudah lama bekerja pada yayasan yang menangani rehabilitasi bagi pecandu.

“Kecanduan merupakan masalah ketergantungan yang kompleks. Tapi pengetahuan, peralatan, dan dukungan yang memadai dari keluarga dan pasien sendiri bisa memungkinkan penyembuhan itu terjadi,” kata Pastor Lambertus Somar, MSC, pendiri dan direktur yayasan Kasih Mulia (YKM).

Hal tersebut diungkapkan Pastor Somar menjelang simposium pemulihan para pencandu se-Asia yang diadakan 6-8 Desember di Jakarta.

Simposium dengan tema Recovery: Back to Basics tersebut diselenggarakan Colombo Plan Drug Advisory Program, bekerja sama dengan Badan Narkotika National (BNN) dan Bureau of International Narcotics and Law Enforcement Affairs (INL).

Pastor Somar mengatakan simposium tersebut memberikan plafon dalam menangani program pemulihan adiksi di Asia Pasifik, dengan menekankan aksi dalam bidang penyembuhan untuk mendidik masyarakat tentang kecanduan dan mendorong orang lain mengikuti program ini.

“Kebanyakan para peserta adalah mantan pengguna narkoba dan masih menjalani perawatan. Pemulihan itu sangat berarti bagi para pencandu, agar bisa menjadi berkat bagi orang lain,” katanya.

Sekjen Colombo Plan Dato’ Patricia Yoon-Moi Chia mengakui bahwa proses penyembuhan dari kecanduan memakan waktu lama. “Namun, itu harus dimulai dengan mengenal kecanduan seseorang,” katanya.

Dalam simposium yang dibuka 6 Desember, Gories Mere dari BNN, mengatakan kepada 300 peserta dari 16 negara, bahwa dia berharap melalui simposium tersebut “kita bisa saling bertukar informasi dan pendekatan yang efektif dalam menurunkan jumlah permintaan akan obat-obatan.”

Colombo Plan merupakan organisasi antar pemerintah yang didirikan tahun 1951, dan anggotanya terdiri dari 26 negara di wilayah Asia Pasifik.

Organisasi ini juga merupakan organisasi regional pertama yang memperhatikan masalah penggunaan narkoba sejak dibentuknaya Colombo Plan Drug Advisory Programme (CPDAP) tahun 1973.

ucanews.com
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sat Dec 10 2016 12:26 PM
Our Visitors :894334
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT