bg lower
Penyerangan Katedral: 2 Pastor dan 42 Anggota Jemaat Tewas
<02 November 2010>

(Baghdad 1/11/10) Sekitar 42 umat Katolik dan dua pastur tewas serta 75 orang lainnya luka-luka ketika pasukan AS dan Irak menyerbu Katedral Sayidat al-Nejat di distrik Karrada, Baghdad, untuk membebaskan puluhan umat Katolik yang disandera oleh kelompok militan sayap Al Qaeda.

"Tujuh prajurit keamanan ikut tewas dalam serangan untuk membebaskan para sandera tersebut," kata para pejabat, Senin (1/11/2010).

Seorang saksi mata melihat tembakan yang dilepaskan para kelompok militan sayap Al Qaeda saat mereka masuk katedral dan menembak mati seorang pastur.

"Di mana-mana darah. Suasananya sangat mencekam. Mereka masuk ruang pengakuan dosa dan menembak pastur," kata remaja berusia 18 tahun yang keberatan disebutkan namanya dan lolos dari maut tersebut.

Kelompok militan sayap Al Qaeda tersebut mengepung Katedral Sayidat al-Nejat atau Our Lady of Salvation di Baghdad saat sekitar 100 lebih umat Katolik sedang mengikuti misa Minggu di distrik Karrada, Irak tengah.

Para pejabat AS menyaksikan operasi penyelamatan itu dari kamera di beberapa helikopter yang melayang-layang di atas.

Letnan Kolonel Eric Bloom, juru bicara militer AS di Baghdad, menyatakan bahwa tiga militan meledakkan diri ketika pasukan Irak masuk gereja itu.

"Sekitar 120 sandera telah ditahan dan lebih dari 70 orang terluka," katanya.

Kelompok sayap Al Qaeda Irak, Negara Islam Irak, mengaku bertanggung jawab terhadap serangan tersebut.

Kelompok ini mengatakan, lokasi orang-orang kafir tersebut telah lama digunakan untuk memerangi Islam.

Dalam sebuah pernyataan yang disiarkan di halaman internet, kelompok ini mengatakan, begitulah tindakan mereka terhadap gereja Kristen di Mesir.

Kekerasan berdarah mengalami penurunan dengan cepat di Irak sejak puncak pertumpahan darah sektarian 2006-2007. Namun, serangan berdarah antara Sunni, Syiah, dan Al Qaeda terus terjadi setiap hari.

Beberapa pejabat keamanan Irak mengatakan, mereka telah memperingatkan kemungkinan serangan terhadap pertemuan besar, khususnya di gereja.

"Kami memperkirakan, serangan akan terus dan meningkat dalam beberapa hari mendatang," kata Letnan Jenderal Hussein Kamal, Wakil Menteri Dalam Negeri.

Ketika operasi berlangsung, beberapa helikopter militer terbang rendah di atas daerah permukiman yang padat penduduk itu. Jalan-jalan di sekitar gereja Katolik Assiriya itu ditutup.

Seorang wanita Kristen yang disandera di gereja Our Lady of Salvation itu menuturkan kepada Reuters, ada banyak mayat di dalam bangunan tersebut.

"Ketika saya berusaha untuk menemukan jalan saya keluar dalam kegelapan, saya berjalan di atas mayat. Ada banyak mayat di sana," katanya.

Sebuah sumber polisi federal mengatakan, para penyerang telah meminta pembebasan para tawanan Al Qaeda, termasuk janda Abu Omar al-Baghdadi, mantan Kepala Pusat Islam Irak yang tewas pada April lalu.

Dalam telepon terpisah ke stasiun televisi Baghdadiya, seorang pria yang mengaku sebagai salah seorang penyerang menyatakan, kelompok itu juga ingin para tawanan Al Qaeda di Mesir dibebaskan.

Uskup Kaldean Baghdad Mgr Shlimoune Wardouni mengatakan, dua pastur telah dibunuh. "Sangat menyedihkan. Ini tindakan yang sangat tidak manusiawi. Mereka tega melakukan itu di ruang ibadah," kata Wardouni.

Beberapa sumber polisi mengatakan, mereka yakin bahwa sasaran awal serangan itu adalah bursa efek Irak dekat gereja itu.

Jumlah orang Kristen sekitar 1,5 juta jiwa dari seluruh penduduk Irak yang berjumlah sekitar 23 juta jiwa dan sebagian besar adalah Muslim. Kelompok-kelompok Kristen termasuk orang-orang Kaldea, Koptik, Katolik Roma dan Melkite, Maronit, serta Ortodoks Yunani.

Menurut Kasha Saleh, Vikaris Katolik Syrian Irak, penganut Kristen di Irak sering menjadi sasaran kekerasan, termasuk pembunuhan dan penculikan.

Ratusan orang telah tewas dan beberapa gereja diserang sejak invasi yang dipimpin AS untuk menggulingkan Saddam Hussein pada tahun 2003.
(kompas.com/mirifica.com)




sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Thu Dec 08 2016 01:40 AM
Our Visitors :893561
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT