bg lower
Pengurus ISKA Sulsel dilantik
<23 November 2010>

Acara pelantikan pengurus baru ISKA Propinsi Sulawesi Selatan

Pimpinan pusat Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) baru-baru ini mengukuhkan Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Selatan di aula Keuskupan Agung Makassar.

Acara pelantikan diawali dengan Misa yang dipimpin Uskup Agung Makassar Mgr. John Liku Ada, Pr, kemudian dilanjutkan dengan pelantikan oleh Sekjen Presidium ISKA Pusat, Kikin P Tarigan S.

Seperti tertulis dalam pernyataan pers ISKA, Uskup Agung John Liku Ada menghimbau agar organisasi ini “jangan mengingkari jati dirinya, dan agar terus bersifat inclusif dan tidak bersifat primordial.”

Sekita 500 orang menghadiri acara pelantikan tersebut, termasuk Gubernur Sulsel H. Syarul Yasin Limpo.

Dalam sambutannya Syarul mengharapkan agar ISKA “mengembangkan kembali tradisi intelektual Katolik yang akhir-akhir ini nyaris senyap di Sulawesi Selatan, untuk memberikan sumbangan dan pemecahan terhadap berbagai persoalan pembangunan dan masalah sosial lainnya, yang menyangkut hidup masyarakat banyak.”

Ketua ISKA Sulawesi Selatan, Joseph P. J Jansz, mengatakan ISKA sebagai Ormas Cendikiawan yang berdiri sejak 1958 diharapkan terlibat secara lebih nyata, menyumbangkan sesuatu yang berarti bagi masyarakat, dengan terus menerus mempertahan tradisi intelektual dalam memecahkan berbagai persoalan gereja dan bangsa.

“Ke depan, ISKA diharapkan menjadi basis kekuatan intelektual Katolik,” kata Joseph.

Joseph antara lain juga mengingatkan untuk saling menolong sesama yang tertimpa musibah seperti di Wasior, Mentawai dan Merapi.

Ia juga menyampaikan keprihatinannya terhadap kondisi sosial bangsa yang ditandai oleh ‘semakin mencairnya kerekatan sosial’ dan ‘semakin sulitnya hidup bersama akibat salah urus ruang publik, formalisme agama, disorientasi dan dislokasi sosial, serta pudarnya identitas nasional, bahkan jatidiri bangsa.’

Joseph menghimbau segenap sarjana dan cendikiawan Katolik bahwa “keterlibatan dalam segenap bidang kehidupan dan perjuangan dalam dimensi sosial, politik, ekonomi, budaya adalah tugas perutusan untuk menjadi seratus persen Katolik dan seratus persen Indonesia.”

Pengurus DPD Provinsi Sulawesi Selatan yang dilantik berjumlah 77 orang dengan Ketua Joseph P. Jansz dan Stanislaus D. Kwen sebagai Sekretaris Umum
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Thu Dec 08 2016 01:39 AM
Our Visitors :893544
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT