bg lower
Pemerintah Filipina Larang Pesta Mewah Saat Natal


MANILA - Rakyat Filipina disarankan untuk tidak menggelar pesta-pesta Natal yang berlebihan, melainkan cukup dengan menikmati babi panggang tradisional.

Hal itu sesuai dengan langkah-langkah penghematan yang diserukan oleh Presiden Benigno Aquino.

Wakil Jurubicara Kepresidenan Abigail Valte mengatakan, kantor-kantor pemerintah juga akan menghabiskan lebih sedikit anggaran untuk pesta Natal.

"Sesuai dengan kebijakan penghematan yang diberikan Aquino, kita dapat merayakan Natal yang penuh makna, tanpa sesuatu yang berlebihan," kata Valte, seperti dikutip dari news.yahoo.com, Senin (6/12/2010).

Pemerintah, katanya, juga menyarankan masyarakat untuk makan dalam takaran yang wajar, tanpa harus bermewah-mewah. Itu semua demi alasan kesehatan.

"Nikmati musim ini dengan kesehatan yang baik, nikmati saja lechon yang ada," katanya.

Lechon adalah babi panggang tradisional Filipina yang terkenal lezat dan disajikan pada acara-acara. Namun hidangan itu tidak disarankan oleh para dokter karena lonjakan laporan pasien dengan keluhan tekanan darah tinggi selama musim liburan.

Lebih dari 80 persen orang Filipina beragama Katolik. Filipina juga dikenal sebagai negara yang memiliki musim Natal terpanjang di dunia, yang secara resmi dimulai dengan sembilan massa sebelum fajar, sembilan hari sebelum 25 Desember dan biasanya berlanjut ke minggu pertama Januari.

Sekretaris Departemen Pendidikan Armin Luistro juga mengeluarkan instruksi untuk 43.000 sekolah dasar dan menengah untuk tetap merayakan Natal dengan sederhana.

Para guru dilarang mengumpulkan dana pesta Natal dari orang tua, suatu praktek umum yang bisa menambah beban bagi keluarga miskin.

"Saya ingin mengingatkan guru dan siswa untuk terus mengamati langkah-langkah untuk mempersiapkan pesta Natal di sekolah," katanya.

"Mari kita ingat bahwa semangat sejati Natal bukan dalam perayaan besar tetapi dalam menyebarkan cinta dan berbagi hati kita kepada mereka yang membutuhkan."


(lam)
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Tue Jan 17 2017 10:02 AM
Our Visitors :901853
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT