bg lower

Paus suarakan kehidupan perempuan Pakistan

Mengakhiri audiensi umum hari Rabu, Paus Benediktus XVI mendesak belas kasihan bagi perempuan Pakistan yang dijatuhi hukuman mati karena dituduh melakukan penghojatan.

“Hari ini, saya ungkapkan kedekatan spiritual saya bagi Asia Bibi dan keluarganya dengan memohon agar segera mungkin dia bisa dibebaskan,” demikian pesan paus dalam bahasa Italia.

“Hari-hari belakangan ini, dengan penuh keprihatinan, masyarakat internasional mengikuti situasi umat Kristen di Pakistan yang sering menjadi korban kekerasan atau diskriminasi,” katanya.

Sekitar 30.000 peziarah mengikuti Angelus siang hari pada 17 November. Mereka tanggap seruan paus tersebut dengan tepukan tangan dan suara gembira.

Mengakhiri himbauannya itu, paus berdoa “bagi mereka yang berada dalam situasi serupa, semoga martabat kemanusiaan dan hak fundamental mereka dihormati.”

Asia Bibi, ibu dua anak, adalah perempuan pertama yang dihukum mati berdasarkan undang-undang penghojatan yang kontroversial di Pakistan karena dituduh melakukan penghojatan terhadap Nabi Muhammad. Pada 14 November, sebuah pengadilan Pakistan menyatakannya bersalah.

Namun, para pendukung Bibi menduga bahwa dia dikutuk hanya karena dia berani mengambil air dari sumur milik seorang Muslim.

Para pemimpin Gereja telah lama mengatakan bahwa undang-undang penghojatan itu disalahgunakan untuk kepentingan personal dan untuk melecehkan pihak non-Muslim.

Berdasarkan undang-undang tersebut, penghinaan terhadap Alquran dikenai hukuman penjara seumur hidup. Sementara penghinaan terhadap Nabi Muhammad dikenai hukuman mati.

Umat Kristen, termasuk 1.3 juta umat Katolik, hanya mendekati 2 persen dari 160 juta total penduduk Pakistan yang 95 persen beragama Islam.

Oleh C.M. Paul, ucanews.com, Kota Vatikan
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sun Feb 26 2017 07:24 PM
Our Visitors :909739
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT