bg lower
Paus Benediktus XVI Gelar Pertemuan Antar Umat Beragama


Vatikan (ANTARA News) - Pemimpin tertinggi umat Katolik sedunia, Paus Benediktus XVI mengatakan ia akan menggelar pertemuan antar umat beragama di Assisi, Italia, pada Oktober untuk memperingati 25 tahun pertemuan yang digagas oleh pendahulunya, Yohanes Paulus II.

Dalam masa kepausan yang kompleks, pengumuman itu sepertinya ditujukan untuk memperlihatkan niat baik Benediktus terhadap agama lain setelah beberapa tahun menerima kritikan dari Muslim, Yahudi, dan kalangan Kristen lainnya, terutama Anglikan, sebagaimana dikutip dari IRNA-OANA.

Berbicara di Basilika Santo Petrus di Vatikan, Paus mengatakan tujuan dari pertemuan itu adalah untuk memperbarui upaya para penganut kepercayaan dari seluruh agama untuk menjalani keyakinannya sebagai pelayanan kepada penyebab perdamaian.

"Menghadapi ancaman ketegangan saat ini, terutama diskriminasi, ketidakadilan dan intoleransi beragama, yang saat ini terjadi kepada kaum Kristen secara terpisah, sekali lagi, saya menyampaikan seruan mendesak untuk tidak menyerah pada kekecewaan dan pengunduran diri," katanya.

Ia mengatakan bahwa pertemuan pada Oktober itu akan menjadi upaya untuk menghormati kenangan peristiwa bersejarah yang ditorehkan pendahulunya.

Paus Yohanes Paulus mengadakan pertemuan serupa pada 1986, yang dihadiri oleh para pemimpin Yahudi dan Muslim, juga Dalai Lama serta Uskup Agung Canterbury.

Paus telah berkali-kali mengutuk serangan terhadap warga Kristen di Irak, termasuk penyerangan terhadap sebuah katedral di Baghdad pada Oktober yang menewaskan sedikitnya 50 orang.

Pengumuman itu muncul hanya beberapa saat setelah bom meledak di sebuah gereja di Mesir.
(ANT/A024)
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sat Dec 10 2016 12:25 PM
Our Visitors :894309
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT