bg lower
Para pencandu narkoba ‘back to basics’
By Konradus Epa, Jakarta

Para mantan pecandu narkoba dari 16 negara di Asia Pasifik yang menghadiri simposium di Jakarta mengakui bahwa ‘back to basics’ (kembali ke dasar) merupakan kunci penyembuhan diri mereka dari kecanduan.

“Saya bahagia sekarang, karena saya sudah menemukan kembali diri saya sendiri,” kata Roslan bin Yahya, mantan pecandu narkoba dari Malaysia, pada simposium pemulihan se-Asia yang diselenggarakan di Jakarta 6-8 Desember.

Sekitar 300 peserta dari enam belas negara menghadiri simposium dengan tema Recovery: Back to Basics, yang diselenggarakan oleh Colombo Plan Drug Advisory Program bekerja sama dengan Yayasan Kasih Mulia (YKM) yang dikelola Katolik, Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Bureau of International Narcotics and Law Enforcement Affairs (INL).

Yahya, yang memakai narkoba selama tiga tahun, mengatakan sulit bagi dirinya untuk langsung berhenti dari narkoba. “Saya tidak bisa menghindar dari kecanduan, karena tidak mudah. Tapi saya mencoba untuk berjuang,” katanya.

Dia juga menyesalkan keluarganya yang menganggap dia sebagai anak yang hilang. “Itu membuat saya sadar bahwa saya akan kehilangan sesuatu jika saya tidak berubah. Lalu saya mengikuti ide ‘back to basics’ dan berani untuk mulai meninggalkan masalah saya,” kenang Yahya. Dia menambahkan bahwa untuk pulih kembali, dia membutuhkan waktu satu setengah tahun.

Hal senada diungkapkan Tong End Thian Desmond dari Singapura. “Sangat sulit bagi saya untuk menghindar dari kecanduan. Saya memakai narkoba selama tiga tahun,” katanya.

Namun setelah melalui rehabilitasi, dia mulai mencintai tubuhnya sebagai ciptaan Tuhan. “Cinta Tuhan sangat luar biasa. Cinta-Nya membantu saya mengubah hidup saya.”

Menurut direktur eksekutif pusat rehabilitasi di Bangladesh, Bruder Ronald Drahozal, prinsip ‘back to basics’ penting bagi para pecandu narkoba.

Sedangkan menurut Pastor Lambertus Somar, MSC, pendiri dan direktur Yayasan Kasih Mulia, menambahkan bahwa para pecandu harus bisa terbuka dan berbicara tentang masalah mereka dengan orang lain.
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sat Dec 03 2016 11:02 PM
Our Visitors :892480
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT