bg lower
Orang muda butuh pedoman Gereja

Tags: adaptasi, asimilasi kultural, Gereja Nepal, identitas lokal, identitas personal, Kaum Muda, pedoman, vocation camps

Sejumlah pemimpin kaum muda Katolik di Nepal meminta pedoman Gereja tentang asimilasi kultural dan tentang bagaimana menyesuaikan diri dengan anggota keluarga yang beragama lain.

“Sulit bagi saya untuk menghindar dari berbagai praktek kebudayaan dan keagamaan Hindu dalam keluarga saya sendiri. Sebagai seorang Katolik, saya tidak tahu bagaimana menyikapinya,” kata Priscilla Tamang, dari Paroki Baniyatar di Kathmandu.

Tamang, seorang yang menjadi Katolik setelah bertumbuh dewasa dalam agama Hindu, adalah satu dari 20 pemimpin kaum muda dari tujuh paroki yang menghadiri program orientasi kaum muda di St. John Vianney Pastoral and Animation Center di Kathmandu pada 22-23 November.

Program tersebut diselenggarakan oleh Nepalese Catholic Youth Movement yang berafiliasi dengan International Movement of Catholic Students of Nepal.

“Kita akan menghadapi banyak argumen dalam keluarga kita sendiri dan dari kerabat kita karena iman kita. Tetapi kita harus kuat dan memberi kesaksian tentang berbagai upacara sakramental dan nilai-nilai pokok ke-Katolik-an kita,” kata Pastor Robin Rai, pastor pembantu dan moderator kaum muda di Paroki Asumpta di Kathmandu.

Dilip Singh, seorang pemimpin kaum muda dari Kathmandu tengah mengatakan dalam sharing bahwa “adaptasi dalam kebudayaan Katolik harus dilakukan sedemikian rupa sehingga identitas lokal kita tidak hilang.”

Bindu Shilakar, ketua Nepal’s Catholic Youth Movement, mengatakan kepada para peserta bahwa pemahaman yang lebih mendalam tentang nilai-nilai ke-Katolik-an itu diperlukan agar identitas personal kita sebagai orang Kristen tetap aman.

Sementara itu, Samir Toppo, seorang peserta dari Paroki Deonia di Nepal bagian timur, meminta pihak berwenang Gereja untuk meningkatkan program pembinaan kaum muda berupa vocation camps. Karena mereka biasa meninggalkan kota asalnya untuk mencari pekerjaan, maka “kita perlu menggerakkan mereka di tingkat lokal, sehingga mereka bisa terlibat dalam misi Gereja” ke manapun mereka pergi.

Oleh Prakash Khadka, ucanews.com, Kathmandu, Nepal
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sun Jan 22 2017 09:51 PM
Our Visitors :902614
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT