bg lower
NTB
Penipuan Berkedok Bantuan Panti Asuhan Gentayangan


MATARAM--MICOM: Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mengingatkan pengelola panti asuhan agar mewaspadai penipuan berkedok penyaluran dana bantuan sosial bagi penghuni panti.

"Waspadai penipuan berkedok bantuan sosial untuk panti asuhan, karena sudah sering terjadi penipuan seperti itu di daerah ini," kata Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Nusa Tenggara Barat Provinsi (NTB) Bachrudin di Mataram, Jumat (31/12), sambil menunjukkan dokumen palsu yang dipergunakan pihak tertentu untuk menipu pengelola panti asuhan.

Dokumen palsu itu berupa surat resmi yang mengatasnamakan pejabat di Kementerian Sosial. Isinya, pemberitahuan tentang dana bantuan sosial yang akan disalurkan kepada pengelola panti asuhan tertentu di Pulau Lombok, NTB.

Surat itu dibubuhi tanda tangan pejabat yang dicatut untuk kelancaran aksi penipuan. Bahkan ada cap stempel Ditjen Bantuan Sosial yang juga palsu.

"Dokumen ini berisi surat palsu disertai lampiran nama-nama panti asuhan yang menjadi sasaran dana bantuan subsidi untuk penghuni panti asuhan. Ada tanda tangan pejabat tapi pejabat lama dan cap stempel. Suratnya tertanggal 29 November 2010," ujar Bachrudin sambil memperlihatkan isi dokumen palsu itu.

Dalam surat palsu itu, disebutkan nilai bantuan untuk pati asuhan tertentu sebesar Rp200 juta. Tapi, pengelola panti asuhan tersebut diminta untuk menyetor sejumlah dana sebagai pajak penghasilan.

Pihaknya mengetahui aksi penipuan beserta dokumen palsu itu dari pengelola panti asuhan yang mengadu karena curiga hendak ditipu. "Pengelola panti asuhan yang mengadukan hal ini sudah ada lima orang dalam tahun ini. Ada juga yang tertipu karena lugu dan baru memberi tahu kepada kami setelah menyetor sejumlah dana," ujarnya. (Ant/OL-5)
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Tue Dec 06 2016 12:04 AM
Our Visitors :892919
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT