bg lower
Natal untuk Kerukunan

Palembang, Kompas - Perayaan Natal tahun ini merupakan saat yang tepat bagi umat Kristiani untuk membina kerukunan dan meningkatkan solidaritas antarumat beragama. Apalagi akhir-akhir ini sering terjadi bencana alam yang tidak hanya menimpa umat Kristiani, tetapi juga umat agama lain.

Demikian pesan Natal yang disampaikan Uskup Palembang Mgr Aloysius Sudarso SCJ, Sabtu (25/12) di sela acara silaturahim di Keuskupan Palembang.Hadir dalam acara tersebut antara lain Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Kepala Kepolisian Daerah Sumsel Inspektur Jenderal Hasyim Irianto, dan Panglima Kodam II Sriwijaya Mayor Jenderal Agus Gunaedi Pribadi.

Para tamu mengadakan pertemuan ramah-tamah dengan Uskup Palembang yang dilanjutkan dengan menyantap hidangan yang telah disediakan.

Selain didatangi para pejabat, Keuskupan Palembang juga cukup ramai didatangi warga Kota Palembang dan sekitarnya yang ingin mengucapkan selamat hari Natal.

Uskup mengatakan bahwa umat Kristiani sebagai orang beriman harus membina kerukunan antarumat beragama, bersikap terbuka, serta memiliki solidaritas.

”Masih banyak orang yang menderita akibat bencana alam dan kemiskinan. Di beberapa tempat, umat Kristiani tidak bisa merayakan Natal karena bencana alam. Umat beragama lain juga masih menderita akibat bencana alam,” kata Uskup.

Uskup mengungkapkan, umat Kristiani, khususnya di Sumsel, telah memberikan bantuan kepada para korban bencana alam di seluruh Indonesia sebagai wujud solidaritas.

Sementara itu, Gubernur Alex Noerdin mengajak semua masyarakat Sumsel untuk bersama- sama membangun kerukunan antarumat beragama.

”Mudah- mudahan dengan perayaan Natal ini akan meningkatkan kerukunan antarumat beragama di Sumsel yang selama ini sudah terjalin dengan baik,” ujar Alex Noerdin.

Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal Agus Gunaedi Pribadi menghadiri acara open house itu bersama para pejabat Kodam II/Sriwijaya. Agus mengatakan, kunjungan tersebut diharapkan mampu meningkatkan silaturahim antara warga Kodam II/Sriwijaya dengan Uskup Palembang dan umat Kristiani.

”Diharapkan kehidupan antarumat beragama di wilayah Sumatera Bagian Selatan, khususnya Pelembang, terus terbina dengan baik sehingga tercipta kehidupan yang tenang dan damai,” ujar Pangdam.

Situasi amanKapolda Hasyim Irianto menyatakan, situasi di Sumsel selama perayaan Natal berlangsung aman dan kondusif. Tidak ada kejadian menonjol yang mengganggu umat Kristiani dalam menjalankan ibadah.

Hasyim Irianto bersama jajaran Polda Sumsel dan Kepolisian Kota Besar Palembang pada malam Natal mengunjungi sejumlah tempat ibadah di Palembang. Tujuannya untuk memastikan bahwa situasi pada malam Natal tetap aman dan kondusif.

Pengamanan selama hari raya Natal dan Tahun Baru diprioritaskan pada tempat ibadah dan pusat kegiatan warga, seperti tempat wisata dan pusat perbelanjaan. ”Saya mengimbau kepada masyarakat agar turut menjaga situasi aman dan kondusif di Sumsel yang sudah tercipta selama ini,” ujarnya. (WAD) (Kompas.com)
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sat Dec 03 2016 09:49 AM
Our Visitors :892273
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT