bg lower
“Misa de Gallo” mendekat, anak-anak senang

Besok, 16 Desember (hari ini, red), Misa de Gallo (Misa Jago) dimulai. Anak-anak di Davao, Filipina selatan, menunggu dengan gembira untuk bisa ikut orangtua mereka menghadiri Misa de Gallo pertama. Misa ini dikenal juga dengan Simbang Gabi atau Misa subuh.

Para pekerja Gereja di Paroki San Isidro Labrador di Desa Catalunan Grande sibuk menyiapkan diri dan tempat untuk memulai sembilan hari Misa de Gallo untuk 7.000 umat parokinya.

Jude Corro, murid di Justin Russolillo School di Davao, mengatakan bahwa dia ingin sekali melihat Misa de Gallo itu.

“Mungkin ada malaekat-malaekat bernyanyi atau banyak makanan di luar,” kata bocah berusia tujuh tahun itu.

Ayanya, Rhandy, seorang tokoh Komunitas Basis Gerejani, mengatakan, Jude selalu bertanya mengapa ada Misa de Gallo.

“Banyak kali dia memperhatikan penuh rasa penasaran, tetapi banyak kali juga dia tertidur dalam Misa,” katanya.

“Saya akan membawanya agar dia sadar bahwa Kristus lahir lagi setiap Natal, dan bangun lebih awal untuk bisa mendengar Sabda Allah merupakan suatu pengorbanan kecil demi iman,” katanya.

Bagi Shamae Loquina, Misa de Gallo senantiasa lucu. Tahun 2005, ibunya Teresita membawanya mengikuti Misa. “Saya hilang dan semua mencari saya ketika Misa berlangsung, dan mereka menemukan saya di stan-stan di luar gereja sedang makan pan de sal (sejenis roti) panas,” kata Shamae.

Shamae dan adiknya Ingrid Angel adalah murid di sebuah sekolah Katolik. Teresita mengatakan, dia ingin sekali membawa kedua putrinya mengikuti Misa de Gallo.

Fiona Ria Tan, salah satu teman kelas Jude, mengatakan, tahun ini adalah pengalaman tahun keempat dia akan mengikuti Misa de Gallo. “Saya ingat lolo (kakek) saya yang membangunkan saya setiap pagi untuk pergi Misa bersamanya,” kata Fiona.

Pinky Rose, ibunya, mengatakan kakek Fiona meninggal tahun 1997. “Dia rindu kakeknya dan, saya kira, Misa de Gallo merupakan cara tepat baginya untuk mengingat kakeknya.”





sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sat Dec 03 2016 11:01 PM
Our Visitors :892461
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT