bg lower
Konferensi Anak Indonesia 2010 Resmi Dibuka

Senin, 8/11/2010 - KOMPAS.com - Bertempat di Ballroom Gedung Kompas Gramedia Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Konferensi Anak Indonesia (KAI) 2010 resmi dibuka. Sebanyak 36 delegasi KAI 2010 diperkenalkan, berikut gagasan mereka terkait masalah air dan lingkungan.

Para delegasi ini adalah anak usia 9-14 tahun dari berbagai provinsi di Indonesia seperti Papua, Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Lampung, Banten, Sulawesi Selatan, dan Bali.

KAI yang memasuki tahun ke-10 ini mengangkat tema Aku dan Air Bersih. Isu seputar krisis air atau pemanfaatan air untuk kehidupan inilah yang menjadi topik kompetisi karya tulis untuk anak-anak. Melalui karya tulis yang dikirimkan ke Majalah Bobo, anak-anak dari berbagai provinsi diseleksi menjadi delegasi. Dari 1.074 karya tulis yang masuk, para juri harus memilih 36 karya terbaik.

Ribuan naskah yang masuk ini tak hanya menunjukkan antusiasme peserta untuk meraih gelar delegasi. Antusiasme ini sekaligus menunjukkan anak-anak belia, siswa Sekolah Dasar, peka dan peduli dengan masalah lingkungan di sekitar tempat tinggalnya.

Tak sedikit anak yang mampu menangkap kondisi sekitar, mengamati, menganalisa dan menuliskannya dalam sebuah karya tulis. Mereka yang terpilih, dan akan mengikuti rangkaian kegiatan konferensi mulai 7-12 November 2010, adalah juga anak yang kaya ide untuk menyelamatkan lingkungan terdekatnya, di rumah dan sekolah. Para delegasi dari berbagai latar belakang yang berbeda ini memiliki sejumlah kesamaan. Yakni peduli lingkungan, memiliki pengalaman yang sama seputar masalah air, gemar membaca, dan senang menuangkan gagasan dalam berbagai ide kreatifnya, termasuk karya tulis.

"Orisinalitas anak-anak terlihat dari hasil karya tulisnya, inilah sebabnya karya tulis dipilih sebagai cara menyeleksi delegasi. Dengan menulis, anak-anak terbiasa mengungkapkan ide, pendapat, pikirannya. Mereka yang gemar menulis cenderung memiliki pengamatan lebih tinggi," papar Koes Sabandiyah, Deputy General Manager Media Anak Kompas Gramedia kepada Kompas Female.

Mencetak generasi baru dengan berbagai inovasi kreatif untuk memanfaatkan air menjadi misi utama KAI 2010. Misi ini didukung oleh berbagai pihak seperti Danone Aqua, Cifor, Universitas Indonesia, Universe Awareness, Riak Bumi, Safira Tex, In Spirit, dan Radio Sonora.

KAI membuka kesempatan bagi potensi muda setiap tahun. Tahun depan akankah putera-puteri Anda yang menduduki salah satu kursi delegasi?
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sun Nov 19 2017 11:02 PM
Our Visitors :958773
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT