bg lower
Kisah Bruder OFM di tanah Papua

Berikut ini adalah kisah tentang komitmen Bruder Jan Syerp OFM, salah seorang misionaris asal Belanda yang sudah 41 tahun berkarya di Papua.

Br Jan berpenampilan sederhana, penuh kebapaan, lembut, riang, sabar dan cinta kepada masyarakat Papua. Karena kecintaannya pada masyarakat di sana, ia mengabdikan seluruh hidupnya untuk melayani masyarakat di daerah-daerah pedalaman.

Ia bahkan berjalan kaki selama tiga bulan melintasi pesisir pantai, rawa, hutan dan pegunungan, mulai dari Uge-Erma sampai ke Tembagapura.

Pada waktu itu, pelayanan Gerejani memang lebih sering ditempuh dengan jalan kaki menyusuri punggung gunung, dan pesisir pantai, atau dengan naik perahu dayung melalui sungai-sungai. Pesawat-pesawat kecil masih sangat jarang.

Kepada tim dari Keuskupan Agung Merauke, Bruder Jan menuturkan bahwa selama perjalanan itu ia tidak membawa bekal, melainkan bergantung pada apa yang diberikan oleh umat yang ia jumpai

”Saya tidak membawa bekal apa-apa. Saya makan apa yang diberikan oleh umat. Ada ubi, ya makan ubi, ada keladi ya makan keladi,” kata Bruder Jan.

Bagi beliau tidak ada halangan atau pantangan untuk makan hidangan yang disediakan oleh masyarakat setempat.

Ia juga bertutur bahwa selama perjalanan itu ia tidak takut, karena didampingi oleh dua warga setempat. Mereka itu adalah putra-putra daerah setempat yang telah dibina dan bisa berbicara bahasa Indonesia.

Bruder Jan juga menceritakan bahwa yang membuatnya bertahan dalam pelayanan di medan yang sulit dan berat itu adalah kepeduliannya pada warga setempat yang masih jauh dari kemajuan, terutama pada pendidikan anak-anak.

“Mereka itu patut ditolong, agar mempunyai masa depan yang lebih mandiri. Mereka adalah ciptaan Tuhan juga.”

Kepedulian itu dibuktikan dengan komitmennya menangani SMP di Moanemani selama 27 tahun. Di sekolah itu beliau menjadi kepala sekolah sambil mengajar matematika dan tata buku. Banyak muridnya yang telah menjadi orang-orang penting di pemerintahan, beberapa di antaranya menjadi imam dan suster.
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Thu Dec 08 2016 01:41 AM
Our Visitors :893568
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT