bg lower
Ketua Caritas: uang tidak menjawab kemiskinan

Uang saja tidak mengubah kehidupan orang miskin di negara-negara sedang berkembang, kata ketua Caritas Jepang dalam sebuah forum internasional di Seoul.

“Pengucuran uang dari negara-negara maju ke negara-negara sedang berkembang itu sendiri tidak membawa perubahan drastis dalam kehidupan masyarakat akar rumput, kata Uskup Niigata, Jepang, Mgr Tarcisius Kikuchi Isao dalam Second Seoul Pax Forum yang berlangsung 5-6 November.

“Karena itu, konsep pembangunan manusia hendaknya menjadi prioritas,” kata Uskup Kikuchi dalam prasaran yang disampaikan pada konferensi tersebut. Konferensi itu diselenggarakan oleh Catholic Education Forum di St. Mary’s Hospital di Seoul.

Forum tersebut membahas isu-isu dan situasi yang umum terjadi di negara-negara Asia dan mencari cara untuk saling kerjasama dan pertukaran. Forum ini didirikan tahun lalu untuk memberikan dukungan pendidikan dan kesehatan di Asia.

Uskup Kikuchi, yang adalah ketua Caritas Japang, mengatakan dalam forum tersebut bahwa masyarakat hendaknya diberdayakan untuk meningkatkan perdamaian di Asia.

Secara politik dan ekonomi, negara-negara maju di Asia harus mendukung proses ini, katanya.

Dalam prasaran yang lain, Francis Lee Dae-hoon, dosen tamu di Anglican Sungkonghoe University di Korea, mendorong adanya promosi solidaritas untuk membangun sebuah kebudayaan damai.

“Demi terwujudnya perdamaian di Asia, maka bersama dengan berbagai LSM dan media, kelompok-kelompok keagamaan dan pendidikan harus mempromosikan solidaritas,” kata Professor Lee.

“Melalui pertukaran dan kerjasama demi pemulihan nilai perdamaian, kelompojk-kelompok tersebut perlu membuat peneguhan ulang akan kebudayaan perdamaian yang terbuka lebar di Asia,” tambahnya.

Sebelumnya, dalam sambutan selamat datang kepada forum, Nicholas Kardinal Cheong Jin-suk dari Seoul juga mendesak adanya praktek solidaritas.

“Solidaritas merupakan keutamaan Yesus Kristus sendiri,” kata Kardinal Cheong.

“Jika kita membangun solidaritas untuk mewujudkan kasih, Yesus akan diam bersama kita.”

“Kemiskinan di Asia bukan muncul dari tidak adanya sumber daya, tetapi dari tidak adanya sharing,” katanya.

“Dengan mengulangi rasa solidaritas komunitas-komunitas Gereja perdana, kita hendaknya memberi kasih dan pengharapan bagi manusia melalui persekutuan,” demikian Kardinal Cheong.


sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Tue Dec 06 2016 12:03 AM
Our Visitors :892887
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT