bg lower
Keselamatan Milik Semua Makhluk
<25 November 2010>

Uskup Ruteng Mgr Hubertus Leteng menegaskan, keselamatan bukan hanya milik manusia, melainkan milik semua makhluk yakni bumi dan segala isinya. Karena itu, segala mahluk citaptaan di atas dunia ini baik manusia maupun seluruh alam raya harus selamat.

"Manusia harus selamat dan segala makhluk ciptaan lain juga harus selamat, karena tujuan penciptaan segala sesuatu di atas dunia ini adalah memuji dan memuliakan Tuhan dengan segala keindahan dan keutuhan eksistensi mereka, dan bukan dengan kerusakan dan kehancuran yang terjadi pada mereka," ujarnya dalam khotbah misa ekologi di Gereja Paroki Roh Kudus, Labuan Bajo Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (18/11) sebagaimana siaran pers Kantor Justice Peace and Integrity of Creation Ordo Fratrum Minorum (JPIC OFM) Indonesia Jakarta kepada SP di Jakarta, Jumat (19/11).

Misa itu adalah bagian dari upaya Gereja Katolik Keuskupan Ruteng yang membawahi tiga kabupaten di NTT yaitu Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur, menolak segala bentuk tambang di tiga kabupaten itu. Aksi tolak tambang di kawasan itu semakin massif dengan gereja sebagai garda terdepan.

Pesan tersebut tidak lain memperlihatkan konsistensi mantan dosen Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Ledalero, Maumere itu dengan semobyan tahbisan uskupnya, Omnes Vos Fratres Estis yang berarti Kamu Semua adalah Saudara.

Setelah misa yang dihadiri sedikitnya 50 pastor itu, Mgr Leteng bersama pastor dan ribuan umat yang menghadiri misa tersebut meninjau lokasi tambang Batu Gosok, Labuan Bajo dan Tebedo. Melihat kondisi di lokasi tambang, dia mengungkapkan kesedihannya. Sebab tambang di Tebedo merusak hutan lindung yang lebat di kawasan itu yang menjadi sumber air bagi masyarakat sekitarnya.

Sementara di Batu Gosok, Uskup Leteng bersama sejumlah pastor menanam pohon sebagai simbol perlawanan terhadap aktivitas tambang di kawasan tersebut. "Bukit-bukit yang ada hanya boleh dilindungi dan dirawat, ditanami dan dihijauhkan, dan bukannya dirusak dan dibongkar, diratakan dan dihilangkan demi emas, besi atau mangan. Apalagi bukit yang amat indah dan mempesona di Batu Gosok itu," ujarnya. (suarapembaruan.com)
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sat Dec 10 2016 12:25 PM
Our Visitors :894314
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT