bg lower
Kelanjutan misi, bruder cari sponsor
<09 Desember 2010>

Seorang bruder di India tengah mulai mencari sponsor untuk memastikan bahwa program pendidikan yang dimulainya 13 tahun lalu dapat berlanjut.

Bruder John Menezes SVD mengatakan, dia juga mencari seseorang untuk melanjutkan karya tersebut karena “saya tidak tahu sampai kapan saya bisa menolong mereka.”

Program bruder di Madhya Pradesh itu dimaksud untuk memberi apa yang tidak dimiliki orangtua dari anak-anak miskin warga suku itu yaitu pendidikan.

Kini ada 68 anak muda yang mengikuti program tersebut, namun dia mengatakan bahwa tahun ini saja dia telah menerima sejumlah besar lamaran yang masuk.

Menurut Bruder Menezes, 79, cara terbaik menolong orang miskin adalah memberikan pendidikan yang baik bagi anak-anak mereka. “Bantuan finansial tidak bisa menyelamatkan orang miskin dari kemiskinan. Bantuan finansial malah membuat mereka semakin bergantung,” katanya kepada ucanews.com.

Para orangtua dari anak-anak ini sangat memuji karya Bruder Menezes.

“Kami miskin dan buta huruf. Kami tidak pernah membayangkan bahwa anak-anak kami bisa belajar di sekolah yang baik,” kata Suraj Ghosle, ayah dari seorang siswa kelas tiga yang bersekolah di Holy Spirit Convent School di Khandwa, Negara Bagian Madhya Pradesh.

Tanpa bantuan bruder ini, putrinya pasti sudah seperti perempuan-perempuan warga suku lainnya yang bekerja sebagai buruh tani di desa, katanya kepada ucanews.com.

Bruder Menezes memulai “misi ini seorang diri” 13 tahun lalu dengan uang sekitar 10.000 rupee yang diberikan oleh keluarganya untuk kepentingan pribadinya. Kaluarga dan sahabat-sahabatnya terus mendanai biaya sekolah dan asrama bagi anak-anak tersebut.

Bruder Menezes mengatakan, kini ada 13 anak, termasuk dua anak yatim, yang belajar di Jhadol Rajasthan dan lainnya belajar di empat sekolah di Keuskupan Khandwa. Hampir semua dari anak-anak ini berasal dari keluarga warga suku yang hidupnya hanya untuk “mencari sesuap nasi,” lanjutnya.

“Usaha saya adalah menyelamatkan setidaknya beberapa dari anak-anak miskin ini agar bisa keluar dari kemiskinan,” kata Bruder Menezes. Dia menambahkan bahwa tidak punya pamrih apapun.

Anand Mohge, ayah dari seorang gadis yang kini belajar di sebuah sekolah yang dikelola Gereja, mengatakan kepada ucanews.com, “Allah mengirim Bruder Menezes untuk menolong putri saya.”

Uskup Khandwa Mgr A. Arokia Sebastin Durairaj memuji Bruder Menezes karena melakukan “suatu karya agung bagi orang miskin” dengan “sedikit duit” yang berasal dari para penyumbang.

Provinsial SVD Pastor Nicholas Martis memuji karya tersebut. “Bruder Menezes menolong anak-anak dengan kemampuan pribadinya yang sangat terbatas, bukan melalui sebuah proyek raksasa,” katanya.



sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sat Dec 10 2016 12:24 PM
Our Visitors :894287
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT