bg lower
ISKA diminta turut jadi solusi bagi bangsa
<22 Desember 2010>

Menteri Pertahanan Poernomo Yusgiantoro meminta anggota Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) untuk ambil bagian secara aktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga kesatuan bangsa.

“ISKA merupakan bagian dari warga negara yang diharapkan ikut berperan membela negara dalam arti luas,” kata Purnomo kepada sekitar 250 orang yang menghadiri acara pelantikan DPP ISKA periode 2010-2013 pada 20 Desember, di kantor Konferensi Waligereja Indonesia.

Menhan juga mengajak asosiasi tersebut untuk turut membangun wawasan ‘nation state’ yakni negara bangsa yang dibangun dari ikatan sosial, ekonomi, politik serta pertahanan dan keamanan.

Acara pengukuhan presidium pusat tersebut diawali Ekaristi Kudus yang dipimpin Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Mgr. Martinus Dogma Situmorang OFMCap dan Mgr. Yustinus Hardjosusanto MSF.

“Saya mengharapkan kiprah ISKA ke depan lebih menyentuh aspek-aspek kemanusiaan berdasarkan rasionalitas murni, bukan eksklusif dan juga bukan primordial,” kata uskup Situmorang dalam sambutannya.

Ia menambahkan, umat Katolik Indonesia menaruh harapan pada ISKA untuk ikut memberikan pemikiran komperhensif, mendalam, dan teruji tentang arah kebijakan negara.

“Artinya seluruh pengurus dan anggota ISKA ikut mengejahwantakan program untuk kesejahteraan bersama,’’katanya.

Untuk itu Mgr. Situmorang meminta ISKA melakukan suatu, yang kecil sekalipun, tapi bermanfaat bagi banyak orang.

Dalam kotbahnya Mgr. Hardjosusanto mengatakan ISKA memiliki identitas sebagai orang Katolik dan percaya kepada Tuhan Yesus.

“Saya mengajak seluruh angota ISKA untuk menjadi cahaya bagi orang lain…bukan hanya untuk orang Katolik melainkan untuk semua orang,” lanjutnya.

“Ada dua hal penting yang dilakukan pasca pengukuhan pengurus yakni konsolidasi dan tekad kuat agar ISKA menghasilkan sesuatu ke ranah publik,” kata ketua PP ISKA terpilih, Muliawan Margadana kepada ucanews.com.

“Secara konkrit saya akan aktif mengawal setiap RUU yang digodok pemerintah,” kata Muliaman, dan menambahkan bahwa tiga hal yang akan menjadi fokus yakni pluralisme wawasan kebangsaan, lingkungan hidup dan masalah yang berkaitan dengan ekonomi.

Menurutnya ISKA merupakan aset bangsa, karena itu harus bersinergi dengan pemerintah dan organisasi lain.

Susunan pengurus ISKA 2010-2013: Muliawan Margadana (Ketua) dan Kikin Tarigan (Sekjen). Anggotanya adalah Agus Silalahi, Anton Doni, Ida Ayu Puspitasari, Liona Nanang, Lukito Wanandi, dan Paulus Pambudhi. Sedangkan penasihat rohani adalah Pastor Greg Sutomo, SJ.



sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Thu Dec 08 2016 01:39 AM
Our Visitors :893525
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT