bg lower
Indonesia Kutuk Serangan Teroris Mesir


JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Indonesia mengutuk keras serangan teroris di Alexandria, Mesir, 1 Januari 2011, yang mengakibatkan 21 orang meninggal dan 79 orang terluka.

Demikian pernyataan pers Kementerian Luar Negeri RI yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin (3/1/2011).

Pemerintah Indonesia menyampaikan rasa simpati dan dukacita yang mendalam kepada pemerintah dan masyarakat Mesir serta keluarga korban.

Ledakan bom mobil di sebuah gereja dalam kota wisata Alexandria, 141 kilometer utara Kairo, jelas menunjukkan, terorisme masih menjadi ancaman bagi seluruh umat manusia. Perlu pengawasan berlanjut dan kerja sama dengan semua pihak untuk mengatasi setiap tindakan terorisme dan ekstremisme.

Indonesia berkomitmen bekerja sama dengan Pemerintah Mesir untuk mencapai tujuan bersama mengatasi terorisme.

Pemerintah Indonesia juga mendukung usaha-usaha Pemerintah Mesir untuk membawa pelaku serangan tersebut ke pengadilan.

Sebelumnya, Presiden Mesir Hosni Mubarak telah mengajak umat Muslim dan Kristiani mencegah teror menyusul ledakan bom yang terjadi pada Sabtu dini hari itu.

"Terorisme adalah musuh Islam dan Kristen. Oleh karena itu, mari kita bersatu mencegah aksi teror," kata Presiden Mubarak, seperti dikutip Kantor Berita Mesir MENA.

Presiden Mubarak, menurut Kantor Berita Xinhua, mengatakan, bukti di lapangan menunjukkan, insiden itu berasal dari unsur asing.

Melihat jenis serangan dan daya hancur, para ahli keamanan di Mesir mengatakan, serangan itu kemungkinan dilakukan jaringan teroris Al Qaeda.

Alexandria terletak di pesisir Laut Mediterania dan berisi komunitas Kristen Koptik terbesar di Timur Tengah.

Sejauh ini belum ada pihak yang bertanggung jawab atas ledakan tersebut.

Syeikha Agung al-Azhar, Prof Dr Ahmad Al-Tayyeb, dan Mufti Nasional Mesir, Ali Goumah, mengecam keras ledakan bom di gereja tersebut.

Pemimpin Gereja Koptik Mesir Baba Shenouda menyerukan kepada warga Kristiani untuk tenang dan mengantisipasi teror oleh kelompok garis keras.

Persentase penduduk Kristen di Mesir berkisar delapan persen dari 80 juta penduduk.


sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sun Aug 20 2017 05:18 AM
Our Visitors :944659
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT