bg lower
INDIA
“Listening Church” disoroti kolokium
Oleh Francis Rodrigues, Mangalore, India

UCAnews (27/01) - Dalam kolokium baru-baru ini, para pejabat dan pemikir religius menyimpulkan bahwa Gereja itu adalah “Gereja yang mendengarkan” (listening Church), kata ketua para teolog Katolik India.

“Kolokium ini unik dalam pengertian bahwa semua peserta merasa bahwa Gereja itu bukan hanya ‘Gereja yang mengajar,’ tetapi juga ‘Gereja yang mendengarkan,’” kata Pastor Jacob Parappally, ketua Indian Theological Association (ITA).

Pertemuan 16-19 Januari di Bangalore antara para teolog dan pejabat Vatikan dari Kongregasi Ajaran Iman (CDF), serta para uskup itu merupakan kesempatan untuk mendengarkan banyak hal yang memprihatinkan, kata imam Fransalian tersebut kepada ucanews.com.

Para pejabat Vatikan itu “berbicara langsung dengan para teolog dan mendengarkan berbagai kekhawatiran, masalah, dan kesulitan dalam mewartakan Kristus secara bermakna bagi masyarakat majemuk seperti India,” katanya.

Para pejabar Vatikan itu adalah prefek CDF William Kardinal Lavada, sekretaris CDF Uskup Agung Luis Ladaria, dan empat Vatikan lainnya.

Kolokium itu dihadiri juga oleh pemimpin tiga ritus Gereja Katolik di India — ritus Latin, Siro Malabar, dan Siro Malankara.

Pastor Parappally menggambarkan program tersebut sebagai “peristiwa bersejarah” karena inilah “pertama kali ketua CDF dengan pejabatnya duduk dan mendengar berbagai keprihatinan” dalam mewartakan Kristus di lingkungan multi-budaya dan multi-agama seperti India.

“Dulu mereka hanya memiliki teks dari India. Kini mereka dapat melihat konteks. Untuk para teolog, inilah kesempatan untuk memahami kesulitan, dan kesulitan ini bisa langsung dilihat oleh CDF, dalam menjaga iman yang dipercayakan kepada Gereja,” demikian ketua ITA.
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Fri Sep 25 2020 08:00 AM
Our Visitors :1169334
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT