bg lower
INDIA: Pesan Natal, umat perlu perhatikan alam
By Malini Manjaly, Patna, India

Umat Katolik di Keuskupan Agung Patna mengatakan, mereka serius menanggapi himbauan uskup agung mereka untuk mempromosikan Natal yang ramah lingkungan.

Surat gembala dari Uskup Agung William D’Souza itu bersifat “historis.” Surat tersebut tidak hanya memberi inspirasi tetapi juga mandat untuk dilakukan di tahun-tahun ke depan,” kata pencinta lingkungan hidup Pastor Robert Athickal SJ kepada ucanews.com kemarin, 22 Desember.

Imam tersebut memimpin Taru Mitra (sahabat-sahabat pohon), sebuah kelompok pelajar pencinta lingkungan hidup yang berpusat di Patna, ibukota Negara Bagian Bihar di India timur.

Surat gembala dari Uskup Agung D’Souza yang dibacakan di semua paroki pada 19 Desember itu mendesak umat Katolik untuk segera tanggap secara serius terhadap kekacauan ekologis yang terus meningkat akibat kelalaian manusia.

“Kita perlu menjaga keseimbangan ekologis karena cara ini menyelamatkan Ibu Pertiwi dan seluruh ciptaan dari pengrusakan,” tulis prelatus itu.

Dalam Natal 2009, uskup agung meminta umat untuk mengurangi penggunaan berbagai hiasan plastik dan lampu-lampu hias untuk menyelamatkan bumi dan lingkungan hidup dari polusi.

Tahun ini, dia menekankan kembali hal tersebut karena lingkungan hidup “menunjukkan tanda bahaya” yang “menuntut kita agar segera diperhatikan.”

Suster Emma, pemimpin umum Tarekat Hati Terluka di Patna, mengatakan, dia “bangga” atas prakarsa uskup agung. “Seluruh kemanusiaan kita terganggu karena kita telah merusak alam,” katanya kepada ucanews.com.

Shika Kumari, seorang mahasiswi, mengatakan, surat gembala itu akan “membantu kami merayakan Natal secara sederhana dengan cahaya alami.”



sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sat Dec 10 2016 12:25 PM
Our Visitors :894320
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT