bg lower
Iman dan ilmu hadapi masa depan
<22 Desember 2010>

Para cendekiawan yang menghadiri sebuah konferensi internasional tentang agama Katolik dalam dunia ilmu pengatahuan menghimbau adanya dialog terus menerus antara ilmuwan dan kaum beriman.

Ilmu dan iman harus bekerja sama demi situasi yang lebih baik dari manusia, kata Pastor Basilio Monteiro, dosen di St. John’s University, New York, dalam konferensi empat hari di Rachol Seminary di Goa yang berakhir 20 Desember itu.

Pastor Monterio, alumnus seminari tersebut, mengatakan, sekarang inilah saatnya bagi “pemikir berani” dengan “gagasan berani” untuk menghadapi tantangan dunia modern.

Young Kim dari Sogang University, Korea, mengatakan bahwa para cendekiawan dan kaum religius adalah sesama yang pelu bekerja sama. Gereja Katolik sudah lama memahami hal ini, kata cendekiawan beragama Protestan itu.

Gennaro Auletta, dari Pontifical Gregorian University, Roma, ingin agar Gereja menciptakan suatu metode untuk mempromosikan ilmu dan iman secara bersama. Strategi riset sedang dalam transformasi, katanya. “India bisa memberi dorongan untuk Barat dalam hal ini.”

Pastor Theodore Mascarenhas, yang mewakili Pontifical Council for Culture, menjelaskan bahwa Gereja Katolik tidak menentang sains dan teknologi, tetapi mendorong dan mempromosikannya sejauh mereka memperhatikan perkembangan manusia secara integral.

Solidaritas dan perhatian terhadap kaum miskin hendaknya menjadi melandasi kemajuan dan pembangunan, tambahnya.

Pastor Victor Ferrao, dosen di Rachol Seminary dan sekaligus pelaksana konferensi tersebut, mengatakan, “pemahaman yang benar tentang kosmologi” membuat “kita lebih dekat kepada Allah dan memungkinkan kita memahami rancangan Allah bagi manusia dan dunia.”

Peristiwa ini, bagi sejumlah cendekiawan Hindu yang hadir, menjadi “pengalaman yang memelekkan mata.”

“Kami memperoleh banyak wawasan baru tentang berbagai isu. Sekalipun forum ini bertitik tolak dari sudut pandang Katolik, ternyata banyak pandangan dari agama-agama lain juga masuk,” kata Kamladevi Kunkolienkar, seorang dosen di perguruan tinggi.

Rakhee Sharma, seorang cendekiawan Hindu lain, mengatakan bahwa konferensi ini membuatnya sadar bahwa ilmu dan agama saling melengkapi jika mereka bekerja sama.

ucanews.com



sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Thu Dec 08 2016 01:40 AM
Our Visitors :893552
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT