bg lower
Imam Filipina terkena suspensi

<18 Januari 2011>

Sebuah tarekat Katolik memberi suspensi kepada seorang imam. Karena melanggar perintah atasannya, tarekat itu meminta imam tersebut untuk mengubah cara hidupnya atau dikeluarkan dari tarekat.

Pastor Romeo Tena, imam dari Serikat Misi Afrika (SMA) dilarang mempersembahkan Misa dan semua Sakramen lainnya karena dia terus melanggar perintah atasannya untuk tidak mempersembahkan Misa.

Suspensi Pastor Tena itu diumumkan oleh Pastor Alan De Guzman, Superior SMA Filipina, sebuah surat pada 13 Januari kepada Monsignor Juanito Figura, sekjen Konferensi Waligereja Filipina (CBCP).

Dalam surat tersebut, Pastor Guzman mengatakan Tena mulai hidup “di luar imamat dan lingkungan SMA” segera setelah ditahbiskan tahun 2000.

Berbagai usaha telah dilakukan, antara lain dengan melarangnya untuk mempersembahkan Misa, guna mendorong Tena agar kembali ke tarekatnya, namun gagal.

“Kami masih saja menerima keluhan bahwa, sekalipun kenyataan Anda tidak ditugaskan atau diizinkan oleh SMA, Anda terus mempersembahkan Misa, dan menarik kolekte di sejumlah keuskupan,” kata Guillaume dalam surat lain untuk Pastor Tena yang memberitahukan dia tentang ketentuan-ketentuan baru yang dikenakan padanya.

“Tak seorang pun tahu atas nama siapa dan dengan alasan apa Anda melakukan semua ini,” lanjutnya.

Seorang imam yang terkena suspensi tidak diperbolehkan mempersembahkan Misa secara publik dan privat. Dia juga dilarang mendengarkan pengakuan dosa, atau memimpin Sakramen apapun, sekalipun dia masih boleh menerima sakramen-sakramen tersebut.

Pastor Guillaume mengatakan, tarekatnya masih berharap bahwa Pastor Tena akan kembali ke SMA dan “menghayati kehidupan imamatnya yang bisa diterima,” jika tidak maka dia akan dikeluarkan dari tarekat tersebut.

ucanews.com

sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sat Dec 10 2016 12:24 PM
Our Visitors :894290
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT