bg lower
Hari Raya
Natal Berlangsung Aman


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar umat Nasrani dan Katolik Indonesia menjalankan misa Natal sejak Jumat malam hingga Sabtu (25/12/2010) pagi dengan tenang. Kepolisian Negara Republik Indonesia, pemerintah daerah, dan masyarakat bekerja sama menjaga keamanan.

Jutaan umat Kristiani dan Katolik merayakan Natal dalam kesederhanaan. Mereka turut merasakan kesedihan para korban tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, korban Gunung Merapi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, serta korban banjir bandang di Wasior, Teluk Wondama, Papua Barat.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo berkunjung ke beberapa gereja untuk meninjau pengamanan dan mengucapkan selamat Natal kepada warga.

Fauzi, yang didampingi Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Sutarman, masuk ke GPIB Immanuel, Jakarta Pusat, di tengah kebaktian setelah khotbah pendeta selesai. Fauzi menyapa jemaat dengan salam assalamualaikum dan segelintir jemaat membalas dengan waalaikumsalam.

Dia menyapa jemaat sekitar 10 menit, lalu meninggalkan GPIB Immanuel setelah menyumbang Rp 50 juta. Jemaat kemudian melanjutkan kebaktian kembali.

Sementara di kawasan Gelora Bung Karno, sedikitnya 60.000 umat Kristiani mengikuti misa Natal akbar sejak Jumat sore. Mereka hadir untuk mengikuti misa yang dipimpin Pendeta Niko Njotorahardjo dengan tema ”Doa Bersama untuk Bangsa”.

Selama misa berlangsung, polisi berjaga di sekitar stadion. Panitia juga turut mengatur dan mengamankan jalannya misa.

Loket pembelian karcis final sepak bola pun kemudian ditutup sebelum pukul 17.00 agar tidak mengganggu ribuan umat Kristiani yang berdatangan dari segala penjuru.

Jemaat memadati tribune Gelora Bung Karno dan mereka yang tidak kebagian tempat duduk rela lesehan di karpet merah yang digelar di atas lapangan sepak bola. Mereka berdatangan dari berbagai lapisan masyarakat dan ada juga dari luar Jawa.

Pendeta Niko juga mengajak ribuan umat mendoakan kemenangan tim sepak bola nasional yang bakal bertanding final leg 1 di Malaysia, Minggu (26/12). ”Mari kita semua berdoa agar Tuhan memberkati dan menolong tim sepak bola nasional agar meraih kemenangan. Mari kita percaya kasih Tuhan mengisi Gelora Bung Karno ini dengan mukjizat kemenangan,” katanya dalam doa bersama umat.

Dijamin

Sementara di Bandung, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berkunjung ke gereja katedral, tepat setelah misa berakhir. Dalam sambutannya, Heryawan menuturkan, dia datang mewakili pemerintah yang menjamin keamanan dan kebebasan seluruh warga di Jawa Barat untuk bisa beribadah dengan tenang.

Dalam misa pagi, Sabtu, Wakil Gubernur Jabar Dede Yusuf berkunjung bersama Forum Kerukunan Umat Beragama.

Dede juga menegaskan, Pemerintah Provinsi Jabar sangat bergantung kepada toleransi warga untuk bisa menjalankan fungsinya sebagai regulator.

Sementara di Kota Bekasi, Jawa Barat, perayaan Natal berlangsung aman. Umat Kristiani mengikuti misa dan kebaktian Natal di gereja, gedung pertemuan, dan rumah. Kepala Kepolisian Resor Metro Bekasi Komisaris Besar Imam Sugianto mengatakan, perayaan Natal berlangsung aman.

”Kami mengamankan misa dan kebaktian dari sesi pertama hingga ketiga. Semuanya lancar,” ujarnya.

Sementara di Gereja Katedral, Semarang, Jawa Tengah, sedikitnya 40.000 umat mengikuti misa. Suasana perayaan Natal di Gereja Katedral Kota Bandar Lampung sederhana tanpa hiasan berlebihan, selain pohon natal di dalam gereja. (SIN/HEN/INK/AYS/ARA/REN/UTI/PRA/JON/ICH/ELD)


sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Tue Dec 06 2016 12:00 AM
Our Visitors :892853
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT