bg lower
Gereja upayakan keadilan bagi tahanan perang di Srilangka

Gereja Sri Lanka memohon agar para tahanan perang dibebaskan dan kompensasi diberikan kepada keluarga dari mereka yang dibunuh.

Uskup Trincomalee-Batticaloa Mgr Kingsley Swampillai memberitahukan Commission for Lessons Learnt and Reconciliation pada 3 November di Kolombo bahwa banyak orang hilang atau dihilangkan dalam perang saudara selama hampir tiga dekade.

“Hampir semua kasus tidak ada dokumen,” lanjut prelatus tersebut. Dia mendesak pemerintah untuk memberi keadilan bagi para korban pelanggaran hak asasi manusia.

Orang-orang yang hilang itu, kata prelatus tersebut, termasuk Pastor Thiruchchelvam Nihal Jim Brown dan Pastor Joseph Francis.

Pastor Jim Brown hilang pada 20 Agustus 2006 ketika menolong umat parokinya yang menjadi korban ketika gereja mereka di Sri Lanka bagian utara dibom.

Uskup Kingsley mengatakan, Pastor Francis ditahan oleh Komando Pasukan Khusus untuk diinterogasi pada bulan Mei 2009 dan setelah itu hilang. “Dia memang masih kelihatan ketika meninggalkan kamp Omanthei…. Namun sejak saat itu, kami tidak pernah mendapat kabar apapun tentang dia,” katanya.

“Kasus-kasus ini perlu ditangani secara serius untuk bisa menyingkapkan kebenaran dan memulihkan keadilan,” kata Uskup Kingsley. Gereja prihatin dengan berbagai aksi pemerintah, tambahnya. Lebih dari 75.000 orang dinyatakan hilang sejak 2004.

Uskup tersebut juga menuduh pihak pemerintah melakukan pelanggaran. “Hak asasi manusia dilanggar secara sewenang-wenang oleh Pasukan Khusus dan kelompok-kelompok yang tak teridentifikasi, terutama di utara dan timur Sri Lanka.”

Mereka yang mengungsi ke India bahkan mencapai 70.000 orang, dan masa depan mereka tidak akan menentu jika mereka kembali ke Sri Lanka.

Oleh Reporter ucanews.com, Kolombo, Sri Lanka
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sat Dec 10 2016 12:25 PM
Our Visitors :894324
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT