bg lower
Gereja ingin perkuat “serat moral” India
< 7 Januari 2011>
By Leo Fernando, Chennai, India

Uskup-uskup ritus Latin di India berkumpul di Chennai untuk menyelidiki cara-cara guna memperkuat serat moral masyarakat melalui pendidikan nilai di berbagai lembaga pendidikan mereka.

Lebih dari 125 anggota Conference of Catholic Bishops of India (CCBI) menghadiri sidang pleno tujuh hari yang dimulai 6 Januari.

Ketua CCBI Oswald Kardinal Gracias mengatakan kepada ucanews.com bahwa katekese menjadi tema pilihan karena “kami sadar perlunya mengangkat isu-isu relevan bagi masyarakat dewasa ini.”

Sidang pleno ini, kata kardinal dari Keuskupan Agung Bombay itu, merupakan tindak lanjut pertemuan terakhir waligereja yang membahas tentang “Sabda Allah.”

Merujuk secara tidak langsung kepada berbagai skandal korupsi belakangan ini yang menggoncang India, kardinal mengatakan bahwa kegelisahan terus meningkat di negeri ini.

Gereja ingin menawarkan panduan moral melalui pendidikan yang baik, katanya.

“Kami ingin memberi kontribusi bagi pembenahan serat moral masyarakat,” lanjutnya.

Kardinal Gracias berharap bahwa pendidikan moral yang mendalam diberikan kepada para pelajar di berbagai lembaga pendidikan Katolik sehingga mereka bisa memberi pengaruh yang baik untuk individu-individu dan masyarakat.

Selain isi dan medote pendidikan, pertemuan di Chennai juga akan membahas terjemahan Tata Perayaan Ekaristi dalam bahasa Inggris yang telah diperkenalkan belakangan ini, kata kardinal.

Pada 8 Januari, para uskup akan menghadiri pemberkatan St. Thomas Shrine di Chennai sebagai sebuah tempat ziarah nasional.

Tempat ziarah di puncak bukit itu menurut tradisi diyakini sebagai tempat Santo Thomas Rasul dibunuh sebagai martir.

Pada 9 Januari, para uskup akan menghadiri resepsi terbuka yang diadakan oleh Keuskupan Agung Madras-Mylapore. Resepsi ini akan dihadiri juga oleh Muthuvel Karunanidhi, menteri utama Negara Bagian Tamil Nadu
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Mon Sep 25 2017 12:31 AM
Our Visitors :950445
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT