bg lower
Diwali, ucapan selamat Vatikan disambut baik

ucanews, New Delhi - Umat Hindu di India menyambut baik dan menghargai pesan Vatikan pada Diwali, festival cahaya.

“Pesan ini menyentuh hati,” kata aktivis sosial Swamy Agnivesh, sambil menambahkan bahwa dunia akan lebih bercahaya dengan dikeluarkannya pesan kerukunan, perdamaian, dan dan persaudaraan ini.

Vatikan meminta agar pesan ini disebarluaskan di antara para pemimpin Hindu di seluruh India. Pesan ini dikirim melalui surat berjudul, “Kristen dan Hindu: Menuju Saling Menghargai, Mempercayai, dan Bekerjasama (Christians and Hindus: Toward Enhancing Mutual Respect, Trust and Cooperation) kepada Konferensi Waligereja India (CBCI, Catholic Bishops’ Conference of India) pada 2 November.

Surat ini ditandatangani oleh Uskup Agung Pier Luigi Celata, sekretaris dewan kepausan.

Surat tersebut menyatakan bahwa “rasa saling menghormati merupakan salah satu dasar bagi ko-eksistensi damai serta kemajuan dalam masyarakat” dan bahwa “kepercayaan dapat melestarikan hubungan sejati antara manusia yang satu dengan yang lain.”

Agnivesh mengatakan pesan tersebut akan membantu mempererat komunitas Hindu dabn Kristen dalam mengupayakan keadilan dan perdamaian.

K. P. Shastri, sekretaris Delhi Arya Pratinidhi Sabha, sebuah kelompok reformis Hindu, mengatakan bahwa Vatikan adalah tempat sakral bagi umat Kristen dan pesan dari sana merupakan suatu “kehormatan bagi kami.”

Dia menambahkan bahwa pesan tersebut menunjukkan bahwa cinta dan penghormatan umat Kristen terhadap umat Hindu semakin meningkat. “Ini akan membantu menjembatani kedua komunitas,” tambahnya.

Juru bicara CBCI Pastor Babu Joseph mengatakan, pesan tersebut merupakan isyarat kehendak baik Gereja terhadap umat Hindu.

“Pesan ini akan meningkatkan rasa saling mengerti dan menghormati sebagaimana sangat dijunjung tinggi oleh umat Hindu,” katanya.

Diwali merupakan festival sangat penting di India di mana keluarga melakukan berbagai aktivitas tradisional di keluarga mereka dan beribadah kepada Laxmi, dewi kesejahteraan, yang berlangsung selama lima hari.

Sejumlah komunitas bisnis India mulai tahun anggaran pada hari pertama Diwali, dengan harapan adanya kemakmuran di tahun mendatang.

(Ritu Sharma)
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sun Nov 19 2017 10:51 PM
Our Visitors :958724
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT