bg lower
Dihantam Tsunami, Gereja Cuma Bergeser


JAKARTA, KOMPAS.com — Sebuah fenomena unik yang terjadi ditemukan oleh tim peneliti Indonesia-Jerman ketika menyusuri wilayah Mentawai untuk melakukan studi pascatsunami. Salah satunya adalah sebuah bangunan gereja yang tidak hancur dihantam gelombang.

"Ada sebuah bangunan gereja yang tidak hancur, tetapi hanya bergeser," ungkap Widjo Kongko, ketua tim peneliti dalam proyek tersebut, di Jakarta, Selasa (30/11/2010). Bagian bawah gereja yang merupakan fondasi sedikit terangkat, tetapi tetap berada pada posisi yang sama. Namun, bagian tembok dan atap yang terbuat dari kayu bergeser sejauh 1,5 meter.

Widjo mengungkapkan, bangunan gereja tersebut terletak pada jarak 100 hingga 200 meter dari pantai. Sementara ketinggian wilayah tempat bangunan gereja itu berdiri adalah 2-3,5 meter di atas permukaan laut.

Ditanya apakah bangunan tersebut bisa menjadi contoh model bangunan tahan tsunami, Widjo mengungkapkan, "Saya kira, ini terjadi karena bangunan terletak agak jauh dari pantai. Kalau terletak di dekat pantai, bangunan ini pasti akan hancur," katanya.

Sebelumnya, dilaporkan juga bahwa ada bangunan surau yang tidak hancur dihantam tsunami. Bangunan tersebut masih berdiri tegak meski di sekitarnya disapu gelombang.

Lebih lanjut, jika memang ada bangunan yang bisa dikatakan tahan tsunami, ia mengatakan masih perlu kajian lebih lanjut pada hal tersebut. Namun, jika ada bangunan tahan gempa, apa memang ada ya bangunan yang bisa dikatakan tahan tsunami?


sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sat Dec 03 2016 11:03 PM
Our Visitors :892488
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT