bg lower
Butir-butir rekomendasi SAGKI 2010

Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia yang berakhir pada akhir pekan lalu menelurkan beberapa rekomendasi, yang dibuat setelah melalui proses panjang narasi publik, sharing kelompok, rapat pleno dan refleksi teologis.

Para peserta menyatakan berkomitmen untuk melanjutkan dialog dengan kebudayaan setempat supaya semakin mampu mengenali dan menghadirkan wajah Yesus dalam kebudayaan di Indonesia.

Selain itu, para peserta juga berkomitmen untuk menciptakan model-model baru dalam pewartaan dan katekese dengan metode naratif serta menggunakan pelbagai bentuk kesenian.

Komitment lain adalah untuk mengembangkan katekese naratif bagi anak-anak, yang sesuai dengan zaman, tempat dan budaya.

“Kami akan meneruskan dan meningkatkan kerja sama dan dialog antar-umat beragama yang sudah dilaksanakan oleh Gereja di setiap tingkatan,” demikian rekomendasi akhir SAGKI 2010.

Para peserta juga melihat bahwa Gereja perlu mengembangkan sikap rela merendahkan diri dengan telinga seorang murid yang selalu siap mendengarkan.

“Kami bertekad mengedepankan pewartaan lewat kesaksian hidup dan melakukan aksi-aksi kemanusiaan baik secara pribadi (orang per orangan), Gereja sendiri sebagai komunitas beriman maupun dalam kerja sama dengan pelbagai lembaga untuk memerdekakan orang miskin dari cengkeraman kemiskinan dan peminggiran.”

Selain itu, peserta juga berkomitmen untuk menghidupi spiritualitas yang memerdekakan.

“Untuk itu diperlukan pertobatan hati yang mendalam dan diwujudkan secara nyata dalam aksi solidaritas. Para petani, nelayan, buruh, kelompok terabaikan, dan terpinggirkan perlu didampingi secara pastoral. Tidak kalah pentingnya, kami memelihara lingkungan hidup,” lanjut pernyataan tersebut

Baca selengkapnya: Pernyataan Akhir dan Rekomendasi SAGKI 2010
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Tue Dec 06 2016 12:01 AM
Our Visitors :892860
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT