bg lower
Benediktus XVI: Hormati Kebebasan Beragama
Kamis, 11 November 2010 | 20:20

Paus Bendiktus XVI, Kamis (11/11) mengutuk kekerasan yang dilakukan atas nama agama dan menyerukan agar menghormati kebebasan beragama di dunia Muslim.

Paus mengatakan, kekerasan di dunia sesekali terjadi karena ada konflik antaragama. Dia menambahkan, semua agama harus menjunjung tinggi nilai-nilai etis dan keberadaan bersama masyarakat sipil.

Benediktus XVI yang bernama asli Joseph Alois Ratzinger itu menambahkan, dialog antara Kristen dan Muslim harus diikuti oleh pengakuan kebebasan menjalankan agama seseorang baik secara pribadi maupun secara bersama di ruang publik.

Berbagai dialog harus didasarkan pada penerimaan nilai-nilai fundamental seperti menghargai kehidupan dan hak-hak yang bisa tidak bisa dikesampingkan untuk menghargai setiap pria dan wanita.

Paus yang kini berusia 83 tahun itu juga memuji umat Kristen yang tetap teguh dan bertahan, meskipun mereka mengalami “penyiksaan”. “Saya mau menyampaikan penghargaan saya kepada semua orag Kristen dari berbagai denominasi gereja yang berani menghadapi kematian demi Injil,” ucapnya.

Pernyataan Paus ini, sama dengan kesimpulan Benediktus XVI dalam sinode para uskup di Roma tahun 2008, menyusul serangan yang ditujukan kepada umat Kristen di Baghdad beberapa hari terakhir.

Sebanyak 44 orang Kristen yang sedang merayakan misa dan dua orang pastor tewas dalam sebuah drama pembebasan penyanderaan di Gereja Katedral Katolik di Baghdad pada 31 Oktober lalu. Rabu (10/11) waktu setempat, serangan bom dan mortir yang ditujukan ke rumah dan toko-toko milik orang Kristen menewaskan enam orang dan 33 orang lainnya luka-luka.

“Semua agama harus mendukung penggunaan akal sehat dan mempromosikan nilai-nilai etis untuk membangun keberadaan bersama masyarakat sipil. Umat beragama tidak bisa pernah membenarkan intoleransi dan perang,” kata Paus Benediktus XVI.

Paus asal Jerman itu juga meminta para pemimpin politik untuk menjamin semua kebebasan kesadaran dan agama serta harus mampu menjamin warga negaranya menjalankan agamanya.
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sat Dec 03 2016 09:46 AM
Our Visitors :892229
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT