bg lower
Bencana Alam
Jangan Pernah Lelah, Pray for Indonesia!
> Laporan wartawan KOMPAS.com Caroline Damanik


JAKARTA, KOMPAS.com — Simpati terhadap sejumlah bencana yang terjadi di Indonesia belakangan ini terus mengalir di situs-situs jejaring sosial. Di Facebook, simbol "Pray for Indonesia" dan berbagai status update sudah bercokol sejak banjir bandang di Wasior, Papua Barat.

Simpati dan doa-doa makin marak ketika gempa dan tsunami di Mentawai dan erupsi Gunung Merapi terjadi.

Ketika erupsi Merapi makin hebat hari ini, Jumat (5/11/2010), Etis Nehe, seorang facebooker asal Nias yang tinggal di Jakarta, menuliskan: "Turut berdukacita buat saudara2 korban erupsi gunung Merapi. Salut buat pemimpin daerah itu yg tdk kabur ke mana-mana, tidak seperti saudara2 kita di Mentawai. Doa kami, Tuhan memberikan kekuatan dan penghiburan."

Irene Sondang, facebooker lainnya, tampak berduka pula dengan bencana yang terjadi di Mentawai dan Merapi. "meringis mengikuti berita merapi yang mengamuk, mentawai yang susah terjangkau.. let"s pray for them..." demikian tulisan yang diikuti tiga "jempol" di sampingnya.

Sementara itu, doa yang sama juga dituliskan Ilham Farizal di status terbarunya sebelum waktu shalat Jumat berlangsung. "ya Allah lindungilah saudara2 kami di jogja dan sekitarnya.. berikan mereka keselamatan, ketabahan dan kemudahan dalam menghadapi bencana merapi... amin."

Dalam situasi ini, warga negara di akar rumput sudah tak memikirkan lagi perbedaan yang ada. Bhineka Tunggal Ika terwujud dalam rasa nasionalisme yang tinggi dan harapan akan negeri yang lebih baik dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Dan di tengah bencana yang seakan tiada habisnya ini, walau sulit, tetap tidak ADA tempat untuk meragukan kasih dan kuasa ALLAH! #PrayForIndonesia" tulis Dian Novita Elfrida, Jumat siang.

Bencana alam yang terjadi menunjukkan betapa kecilnya manusia dan menyadarkan kembali bahwa Tuhan Yang Maha Esa adalah penguasa alam semesta. Berdoalah terus untuk Indonesia. Namun, kiranya berkenanlah pula berbagi sedikit harta untuk para pengungsi melalui jaringan-jaringan pekerja sosial yang Anda percaya.
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Thu Dec 08 2016 01:41 AM
Our Visitors :893575
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT