bg lower
Bantuan beras, “cara terbaik redakan ketegangan Korea”
(5 November 2010)

Sumbangan beras mungkin merupakan cara terbaik untuk memenangkan hati Korea Utara dan memajukan upaya reunifikasi di semenanjung Korea, demikian dikatakan dalam sebuah seminar awam Katolik.

“Rakyat Korea Utara butuh beras, sebelum maupun setelah reunifikasi Korea,” kata Profesor Yang Mun-su dari Universitas Studi Korea Utara dalam pertemuan yang diselenggarakan Dewan Kerasulan Awam Katolik Seoul (CLAS, The Catholic Lay Apostolate Council of Seoul).

Forum berjudul, We Ask for the Way to National Reconciliation itu diselenggarakan pada 4 November di Pusat Katolik di Seoul.

Profesor Yang menambahkan bahwa meskipun pemerintah Lee Myung-bak memulai kembali program bantuan beras pada September, pengiriman 5.000 ton itu “terlalu sedikit,” karena Korea Utara kekurangan 900.000 ton tahun ini.

Dia mengingatkan bahwa bantuan beras besar-besarab oleh pemerintah sebelumnya telah mengurangi permusuhan Korea Utara terhadap saudara-saudara mereka di Selatan.

Beras telah lama menjadi simbol pangan, kehidupan, dan kekayaan di kalangan masyarakat Korea, tetapi visi komunis tentang “beras dan sup daging setiap hari” dari mendiang pemimpin Korea Utara Kim Il-sung telah gagal.

Wakil ketua CLAS Joseph Myung Gil-lang mengingatkan peserta bahwa Korea Utara kekurangan pangan sementara Korea Selatan mengeluarkan biaya besar yang sia-sia untuk cadangan beras yang berlebih-lebihan setiap tahun.

Ia menyesal bahwa (pemerintah Korea) Selatan sedang mempertimbangkan beras untuk “pakan ternak.”

Pemerintah Korea Selatan pernah melarang pertukaran ekonomi termasuk bantuan beras dengan Korea Utara setelah insiden Cheonan, sebuah kapal angkatan laut Korea Selatan diduga tenggelam karena ditorpedo Korea Utara pada bulan Maret.

Sementara itu, Uskup Auksilier Mgr Andrew Yeom Soo-jung mengatakan, meskipun insiden Cheonan meningkatkan ketegangan kedua Korea, “Kristen yang sejati tidak bisa mengabaikan kewajibannya untuk memperhatikan saudara-saudari mereka.”


sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Tue Dec 06 2016 12:03 AM
Our Visitors :892910
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT