bg lower
Awam Korea telaah tantangan evangelisasi

Penganiayaan berat dan konflik antaragama menyulitkan evangelisasi di banyak bagian Asia, demikian dikatakan dalam sebuah seminar kerasulan awam Korea.

Fabiano Choi Hong-Juni, ketua Dewan Kerasulan Awam Katolik Korea (CLAK, Catholic Lay Apostolate Council of Korea), mengatakan pada 6 November dalam seminar tentang “visi internal dan peran Gereja Katolik Korea di Asia” di Seoul bahwa berbagai tantangan itu “menyadarkan” umat Katolik setempat “untuk memberi kesaksian tentang pengharapan bagi semua orang Asia.”

“Sebagian besar Gereja Asia berada dalam situasi sangat sulit untuk melakukan evangelisasi karena melebarnya jurang antara kaya dan miskin, konflik antaragama, dan penganiayaan berat,” kata Choi dalam sebuah tinjauan ulang atas Kongres Awam Katolik Asia yang diselenggarakan di Seoul Agustus lalu.

Dalam kongres Agustus itu diangkat masalah-masalah lain seperti risiko bencana ekologis yang serius, marginalisasi petani kecil di seluruh wilayah Asia, dan penyalahgunaan hak-hak perempuan dan buruh, lanjut Choi.

Sebagai tanggapan, Suster Elizabeth Choi Hae-young dari Tarekat Hati Kudus mengatakan dalam seminar bahwa Gereja di kawasan Asia perlu fokus pada pengembangan solidaritas dengan bangunan kaum miskin, membangun perdamaian, dialog antaragama, dan inkulturasi.

Mengacu pada semenanjung Korea, Suster Choi mengusulkan agar Gereja mengembangkan sebuah “teologi unifikasi.”

Dia juga mencatat bahwa “di Korea, agama Katolik masih dianggap sebagai agama asing, dan ritus atau terminologi liturgis tidaklah akrab di kalangan masyarakat umumnya.”

Gereja hendaknya tertuju pada “’inkulturasi total’ yang berakar dalam di dalam identitas budaya, bukan hanya sebagian yang terbatas pada liturgi,” kata Suster Choi.

Dalam prasaran lain, Pastor Timothy Yu Kyung-chon, direktur Pusat Penelitian Pelayanan Pastoral Integral dari Keuskupan Agung Seoul, mengusulkan agar CLAK membentuk sebuah organisasi penyeluran bantuan untuk memobilisasi kemampuan kaum awam Korea dalam menanggapi “penderitaan orang Asia.”

sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sat Dec 10 2016 12:23 PM
Our Visitors :894274
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT