bg lower
Dosa Ringan dan Berat

Pertanyaan menarik muncul ketika saya sedang “berselancar” di sebuah grup Katolik di Facebook, yaitu “Adakah dosa ringan dan berat? Mohon penjelasan”. Beranekaragam komentar bermunculan: “Wah, saya baru tahu ada dosa berat dan ringan. Aya-aya wae…”, “Namanya dosa, ya dosa, tidak ada dosa berat atau ringan. Semuanya sama di mata Tuhan…”, “… di Katolik tidak ada pembedaan dosa…”, dan sebagainya.
Dosa merupakan suatu perbuatan, kata-kata, atau keinginan yang bertentangan dengan hukum Allah; suatu penghinaan terhadap kebenaran, akal budi dan suara hati; serta suatu kegagalan untuk mengasihi Allah dan sesama. Semua kejahatan adalah dosa, tetapi ada dosa yang tidak mendatangkan maut (1Yoh.5:17). Yesus mengatakan, segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni. Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datang pun tidak (Mat.12:31-32).
Berdasarkan perikop di atas, dosa yang tidak mendatangkan maut (ringan) ialah dosa manusia yang masih dapat dimaafkan, diantaranya kekhilafan, kekeliruan maupun kealpaan kita sebagai manusia yang dilakukan sehari-hari; keliru dalam hal keilahian Yesus sebagai Anak Manusia. Dosa yang mendatangkan maut (berat) ialah dosa yang tidak dapat dimaafkan, jika manusia menutup mata dan hati, serta meniadakan karya Roh Kudus, seperti pembunuhan, aborsi, murtad, menolak Kristus, dan tidak percaya lagi kepada kekuatan korbanNYA, sehingga manusia menempatkan diri di luar keselamatan (lih.Ibr.6:4-6, 10:26-31). Roh Kudus adalah nama yang diberikan kepada pribadi ketiga dalam Tritunggal Mahakudus oleh Yesus sendiri (Mat.28:19). Roh sudah aktif sejak dari awal penciptaan dalam kisah tentang hubungan Allah dengan anak-anak-Nya, pada saat penebusan dijanjikan, dan dalam penampakan-panampakan Allah, dalam hidup Kristus, dalam kematian dan kebangkitanNya, saat Dia mendirikan Gereja-Nya pada hari Pentakosa, dan Roh Kudus tetap membangun, mengurapi, dan menguduskan Gereja pada masa kini.
Dosa dapat digolongkan menurut beratnya dosa, yaitu dosa ringan dan yang mematikan (berat). Dosa ringan adalah suatu penghinaan yang tidak begitu serius, yang menghina, yang melukai Kasih dalam hati kita, namun tidak menghilangkannya atau merusakannya. Dosa berat ialah penghinaan yang serius terhadap hukum Allah, yang menghancurkan Kasih dalam hati kita. Tiga syarat penting dapat disebut dosa berat, yaitu perkara yang berat, mengerti sepenuhnya, dan kehendak yang bebas. Jika salah satu dari unsur-unsur tadi tidak ada atau berkurang, jika perkaranya bukan perkara berat, atau bila tidak mengetahui sepenuhnya, atau tidak ada kehendak bebas, maka adalah dosa ringan.
Dalam Kitab Hukum Kanonik Gereja Katolik, Buku IV (Tugas Gereja Menguduskan), Bagian I (Sakramen-Sakramen), Judul IV (Sakramen Tobat), Bab III (Peniten Sendiri): Kan.988-1: Orang beriman kristiani wajib mengakukan semua dosa berat menurut jenis dan jumlahnya, yang dilakukan sesudah baptis dan belum secara langsung diampuni oleh kuasa-kunci Gereja, serta belum dilakukan dalam pengakuan pribadi, dan yang disadarinya setelah meneliti diri secara seksama; Kan.988-2: Dianjurkan kepada umat beriman kristiani agar juga mengakukan dosa-dosa ringan.
Mengakukan dosa seseorang merupakan suatu unsur yang hakiki. Dosa-dosa yang berat harus diakukan kepada seorang imam sekurang-kurangnya setahun sekali (Kan.989), tapi dianjurkan dilakukan dengan lebih sering karena banyaknya hasil-hasil rohaniah yang di berikan oleh pengakuan dosa kepada seseorang, yaitu didamaikan kembali dengan Allah dan Gereja, pengampunan dari hukuman abadi yang disebabkan oleh dosa-dosa berat (Katekismus Gereja Katolik, No.1496). (dhapur)
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sat Dec 10 2016 12:25 PM
Our Visitors :894306
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT