bg lower
Panti Asuhan Yayasan KASIH MANDIRI Bersinar
Yayasan KASIH MANDIRI Bersinar12/11/2010Yayasan Kasih Mandiri Bersinar

Berdirinya Yayasan Kasih Mandiri Bersinar (YKMB), yang dulunya Yayasan Kasih Mandiri (YKM), berawal dari keperihatinan yang mendalam terhadap kehidupan anak-anak jalanan Jakarta dan sekitarnya. Mereka tersisih dari kehidupan normal seorang anak dalam keluarga tradisional karena perawatan orang tua minim dan masa bermain mereka sangat terbatas, bahkan riskan.
Kasih sayang yang dimiliki setiap manusia tidak semata-mata untuk pribadi, keluarga ataupun kerabat. Tapi, juga kepada sesama. Faktor itu pula yang mendasari Maria Alexa Yustina Yonsion mencurahkan rasa kasihnya kepada puluhan anak-anak jalanan yang kurang mendapat kasih sayang dari orang tua maupun lingkungan. Kasih sayang memang tidak pernah habis dalam diri manusia. Seberapa pun sering dia berbagi. Dorongan kuat itulah yang mengilhami Alexa Yustina memberikan perhatian penuh kasih yang menenteramkan dan melindungi hak-hak anak. Pada 30 Mei 1996, menjadi hari kelahiran YKM, karena dihari itu 3 orang anak jalanan memulai babak baru dalam kehidupan mereka, yakni tinggal disebuah rumah (kamar kost).

Wanita, yang kerap pula disapa Kakak Yustine ini, mengatakan bahwa ia memulai perutusan ini tahun 1995. Ada banyak anak yang ditanganinya, dan ada tiga anak yang selalu bersamanya. Mereka selalu mengatakan kepadanya, ke mana dirinya pergi, mereka meminta kepadanya untuk tidak meninggalkan mereka. Perkataan itu membuat Alexa Yustina sadar bahwa mereka butuh dirinya. Maka ia menyewa sebuah rumah. Tapi masyarakat di sekitar kami tidak menerima kami. Mereka menganggap anak-anak jalanan selalu membuat masalah. Maka sebelum kami membeli rumah sendiri, kami harus pindah dari satu tempat ke tempat lain selama 13 kali.
Pada tahun 2003, kami membeli sebuah rumah di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Rumah ini menjadi rumah bagi anak-anak, tempat mereka tinggal, bekerja, belajar, berdoa, dan berekreasi. Ini merupakan sebuah keluarga alternatif bagi mereka, dan mereka tidak kembali ke jalanan lagi. Selama 10 tahun melayani mereka, ia menemukan inspirasi bahwa Allah itu ada, hidup, dan berkarya bersama kami.
Tentang KASIH MANDIRI BERSINAR
KASIH. Hanya dengan Kasih, sentuhan pada kehidupan manusia menjadi berarti secara sejati. Kasih merupakan landasan operasional Yayasan, yakni member kasih kepada anak-anak terlantar dari suku, ras, dan agama mana pun, yang notabene kekaurangn kasih sebagai pribadi yang bermartabat.
MANDIRI. Kemandirian merupakan arah sasar pelayanan Yayasan. Sebuah proses pendampingan menuju pada suatu target kemandirian, dimana anak-anak menjadi pribadi dewasa yang dapat menghidupi dirinya sendiri.
BERSINAR. Memancarkan sebuah kehidupan yang baru, yang lebih peduli lagi pada hal-hal kecil dan terbuang sebagai ungkapan hormat dan tnaggung jawab pada ciptaan BAPA; “BAPA harus dimuliakan.”

Anak dan remaja yang didampingi dirumah ini adalah:
1. Anak yang meninggalkan orang tua dan turun hidup dan bekerja dijalanan, karena alasan: keluarga bermasalah perceraian), keluarga penjudi, pemabuk, suka menganiaya, dan miskin.

2. Anak dari keluarga tidak mampu, yang diserahkan ke Yayasan karena sungguh tidak mampu untuk membiayai sekolahnya.

3. Anak yang hidup dijalanan selama 24 jam tanpa siapa-siapa memperhatikan mereka. Anak yang hidup dijalanan dan tidak mempunyai kontak keluarga.

Kelompok Sasaran Pelayanan:
1. Bayi dan balita yang diserahkan atau dititipkan.
2. Anak-anak dan remaja (6-18 tahun) yang berminat untuk sekolah dan bersedia menetap di Rumah Kasih Mandiri.
3. Remaja putra (15-20 tahun) yang berminat dalam usaha kecil dan bersedia dibimbing dalam prosedur YKM.
4. Anak dan remaja puteri (7-18 tahun) yang mau sekolah dan tinggal dirumah Kasih Mandiri.
5. Remaja putri (15-20 tahun) yang berminat dalam usaha kecil dan bersedia dibimbing dalam prosedur YKM.

Visi dan Misi Yayasan Kasih Mandiri Bersinar:
“Kepedulian mendalam terhadap keberadaan dan pergulatan hidup anak dan remaja, dengan mendidik, melindungi, menyehatkan dan mengembalikan hak-haknya yang hilang, menjadi sebuah bentuk penghadiran kasih Allah yang menyelamatkan, sehingga terciptanya perkembangan dan kemandirian pribadi yang bermartabat dan menjunjung nilai-nilai iman, moral dan sosial.”
Untuk merealisir visi ini, kami mencanangkan kegiatan konkret yang kami wujudkan dilapangan pelayanan kami, sebagai berikut:
1. Mengusahakan dan menyalurkan dana pendidikan yang dapat menyongsong kegiatan pendidikan formal anak, lewat pemberian beasiswa kepada anak-anak sekolah dalam wilayah pendampingan kami.
2. Membangun sebuah rumah Alternatif, dimana anak-anak dari berbagai latar belakang boleh hidup bersama dlam suasana kekeluargaan dan penuh kasih.
3. Pendampingan berkala anak-anak dan remaja jalanan di lokasi-lokasi pendampingan yaitu: stasiun, terminal pasar, daerah-daerah kumuh dan lampu-lampu lalulintas dijakarta.
4. Menyelenggarakan kursus-kursus keterampilan guna mempersiapkan kelak keretrampilan bagi mereka yang hendak mandiri mengurus hidupnya.
Susunan Pengurus YAYASAN KASIH MANDIRI Bersinar (YKMB):
1. Pimpinan : Maria Alexa Yustina Yonsion
2. Pengurus Harian : Sofia da Ceinha
3. Bendahara : Emilia Maria
4. Komisaris : Veronika
5. Humas : Syarief
6. Anggota : Titi, Kustina, Mindo, Oren.
ALOKASI DANA
YAYASAN KASIH MANDIRI Bersinar

Dana Pembangunan Dana Operasional

BNI Cabang Fatmawati BCA Cabang Depok
Yayasan Kasih Mandiri a.n. Sr. M. Alexa Yonsion, OP
No. Rek. : 000.532.8731 No. Rek. : 421.600.6682

Untuk Informasi dapat menghubungi kami di:
YAYASAN KASIH MANDIRI BERSINAR
Jalan Bambu Kuning No. 27 RT 008 RW 001 Jati Padang
Pasar Minggu, JAKARTA 12540
Telp./Fax.: (021) 7814531, 87701854, 98124148
E-mail: kasih_mandiri@yahoo.com
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Sat Jul 22 2017 01:50 PM
Our Visitors :940885
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT