bg lower
Panti Asuhan SOS DESA TARUNA JAKARTA SOS CHILDREN"S VILLAGE KARYA BHAKTI RIA PEMBANGUNAN<br />
SOS DESA TARUNA JAKARTA SOS CHILDREN"S VILLAGE KARYA BHAKTI RIA PEMBANGUNAN
12/11/2010SOS DESA TARUNA JAKARTA
SOS CHILDREN’S VILLAGE
KARYA BHAKTI RIA PEMBANGUNAN

SOS Desa Taruna merupakan sebuah lembaga pengasuhan anak berbasis keluarga bertujuan membantu, mengasuh dan mengupayakan masa depan yang cerah bagi anak-anak yatim piatu dan kurang beruntung. Anak-anak yang dibantu berasal dari berbagai latar belakang, suku, agama, dan ras. Mereka mendapatkan kasih sayang di dalam sebuah keluarga dengan standar kehidupan yang layak agar kelak dapat tumbuh menjadi sosok anak yang mandiri.

SEJARAH SINGKAT
SOS KINDERDORF pertama kali didirikan oleh Hermann Gmeiner pada tahun 1949 di kota Imst, Austria, dengan tujuan untuk menolong anak-anak yang membutuhkan bantuan, anak-anak yang telah kehilangan tempat tinggal, rasa aman, dan keluarganya, yang disebabkan oleh meletusnya Perang Dunia II.

“Sejarah itu dimulai di Austria, pada akhir Perang Dunia II, tahun 1949. Adalah seorang laki-laki bernama Hermann Gmeiner. Ketika ia berangkat kuliah saat musim dingin, ia melihat begitu banyak anak-anak di jalanan, tak terurus dan sebatang kara akibat perang. Inilah yang kemudian memunculkan rasa welas asih itu. Ia membawa pulang 8 anak ke rumahnya, dan menyerahkan mereka kepada ibunya untuk diasuh, diberi makan, dan diberi tempat tinggal,” kata Y. R. Sutoyo, atau Pak Toyo begitu biasa ia dipanggil. Berkat dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah Austria yang telah menyediakan tempat penampungan, organisasi ini telah berkembang ke berbagai Negara Eropa.

Di Indonesia, SOS KINDERDORF dikenal dengan nama SOS DESA TARUNA. Diperkenalkan oleh Agus Prawoto saat beliau ditugaskan belajar di Austria oleh Jendral Ahmad Yani. Agus Prawoto melihat sistem pengasuhan SOS Kinderdorf berbeda dengan panti asuhan yang ada di Indonesia. Lalu beliau mempelajarinya dan meminta izin kepada pendiri SOS Kinderdorf untuk mengaplikasikan sistem pengasuhan SOS Kinderdorf bisa diterapkan di Indonesia. Sebagai penyesuaian di Indonesia, SOS Kinderdorf diterjemahkan menjadi SOS Desa Taruna (SOS Children’s Village) dan berdiri pertama kali di Lembang, Bandung. Lalu SOS Desa Taruna kedua didirikan pada tanggal 14 Maret 1984 di Cibubur, Jakarta Timur, di tanah seluas 3,5 HA, bekerja sama dengan Yayasan Karya Bhakti Ria Pembangunan. Sampai tahun ini SOS Desa Taruna berkembang di Indonesia, diantaranya di Semarang, Bali, Flores, Banda Aceh, Meulaboh, Medan, dan Maumere.

SOS Desa Taruna tidak selalu menerima anak asuh yang ditinggal mati orang tuanya. “Banyak kasus ibu atau bapak yang setelah menyerahkan bayinya di sini, tidak pernah muncul lagi. Padahal kita ingin, akar keluarga ini senantiasa tersambung, sehingga hubungan batin antara anak dengan keluarga kandungnya tetap terjalin.”

Pak Toyo mengatakan bahwa banyak dari anak-anak SOS yang diyakini masih mempunyai orang tua. Justru mereka inilah yang menurutnya perlu banyak dibantu, “Kami di sini lebih mengutamakan anak dari keluarga ‘broken’, dari situ banyak yang menderita luka batin akibat penolakan dari keluarga,” ujarnya, “Tetapi ada batasan usianya, di bawah 10 tahun.”

Menurutnya anak-anak pada umur tersebut lebih mudah dibentuk karakternya untuk menjadi anak yang baik. Pembentukan karakter menjadi penting karena banyak dari mereka yang tinggal di SOS sampai dewasa. “Ini berguna bagi masa depan mereka nantinya,” jelas Pak Toyo yang sebelum menjadi pimpinan di Jakarta telah memimpin SOS Semarang. “Tapi kadang terjadi yang demikian, sebuah keluarga mempunyai 5 orang anak, 4 diantaranya berumur dibawah 10 tahun, jadi tinggal satu yang berumur di atas itu. Maka yang satu itu akan kita ambil juga. Karena kalau tidak, apa yang terjadi dengan dia?” tanyanya. Ia mengatakan agar sebisa mungkin SOS menjalin hubungan keluarga secara keseluruhan.

PENDIDIKAN dan PENGASUHAN
SOS DESA TARUNA adalah sebuah organisasi sosial independen non-pemerintah yang berkarya bagi anak-anak dengan pola pengasuhan anak jangka panjang berbasis keluarga. Konsep SOS DESA TARUNA adalah membantu, mengasuh dan memberi masa depan yang cerah bagi anak-anak yatim piatu dan kurang beruntung, yang berasal dari berbagai latar belakang suku, agama dan ras. Kami memberikan kembali kasih sayang melalui rumah tinggal, keluarga, dan kehidupan yang memadai agar kelak mereka memiliki kehidupan yang mandiri.
Prinsip dasar pendidikan dan psilologis yang jelas dan terarah dalam pengasuhan SOS Desa Taruna menghantarkan anak-anak menuju kemandirian melalui:
1.Kasih sayang dan rasa aman di dalam keluarga SOS Desa Taruna.
2.Pendidikan yang bermutu mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi atau pun lembaga kejuruan.
3.Beragam fasilitas ketrampilan untuk kegiatan pengembangan bakat dan minat.
VISI dan MISI SOS CHILDREN’S VILLAGE

Visi
Setiap Anak Dibesarkan dalam Keluarga dengan Kasih Sayang,
Rasa Dihargai, dan Rasa Aman

Keluarga adalah jantung masyarakat. Di dalam sebuah keluarga, setiap anak dilindungi dan merasakan menjadi bagian dari keluarga. Di sini, anak-anak belajar tentang nilai, saling berbagi tanggung jawab dan membentuk hubungan yang langgeng sepanjang hidup.

Setiap anak tumbuh dalam kasih sayang dan cinta. Melalui cinta serta rasa diterima, luka-luka batin disembuhkan dan rasa percaya diri, baik kepada diri sendiri maupun orang lain, dibangun. Dengan keyakinan diri ini, setiap anak dapat mengenal dan mengembangkan bakatnya. Suara setiap anak didengar dan diperhatikan secara serius. Mereka turut ambil bagian dalam setiap pengambilan keputusan yang menyangkut kehidupan mereka dan dibimbing untuk mengambil peranan utama dalam perkembangan diri mereka sendiri, sehingga mereka tumbuh dengan rasa dihargai dan bermartabat sebagai anggota keluarga dan masyarakat.

Anak-anak dilindungi dari perlakuan kejam, ditelantarkan dan eksploitasi, dan diselamatkan dari bencana alam dan perang. Mereka memiliki tempat berlindung, makanan, mendapatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan. Hal-hal dasar ini merupakan syarat bagi perkembangan utuh semua anak.

Misi
Mendirikan Keluarga bagi Anak yang Kurang Beruntung, Membantu Mereka Membentuk Masa Depannya, dan Memberi Mereka Kesempatan Untuk Berkembang dalam Masyarakat

Kami membangun keluarga-keluarga bagi anak-anak yang kurang beruntung. Kami memberikan kesempatan bagi anak-anak yatim piatu, kurang beruntung atau yang keluarganya tidak mampu mengasuh mereka, untuk membangun hubungan yang langgeng dalam sebuah keluarga.

Pendekatan melalui keluarga di SOS DESA TARUNA ini didasarkan pada empat prinsip, yaitu : Setiap anak membutuhkan seorang Ibu, dan tumbuh secara alamiah dengan kakak dan adik, di dalam rumah mereka sendiri, dan di dalam lingkungan desa yang mendukungnya.

EMPAT PRINSIP DASAR
Ibu Asuh
Setiap anak memiliki ibu asuh yang tetap. Seorang ibu asuh mengemban peran keibuannya sebagai pengganti ibu dengan mengasihi, mengasuh, dan mendapat kebahagian layaknya seorang ibu kandung. Dalam keluarga ibu asuh berperan sebagai kepala keluarga sekaligus menjalankan kegiatan rumah tangga bersama anak-anak. Anak-anak yang dipercayakan kepadanya dilimpahi kasih sayang, rasa aman, dan kepercayaan, yang merupakan kebutuhan dasar mereka.

Adik – Kakak
Sebuah keluarga SOS Desa Taruna terdiri dari seorang ibu asuh dengan 8-10 anak, baik perempuan maupun laki-laki, dengan usia beragam yang tinggal bersama dalam satu rumah bagaikan saudara kandung.

Rumah
Setiap keluarga SOS Desa Taruna menempati sebuah rumah sendiri. Rumah ini merupakan tempat tinggal baru dan permanen bagi setiap anak. Rumah dirancang untuk keluarga besar, dengan ruang keluarga atau ruang makan sebagai pusat kegiatan keluarga,. Ibu asuh memiliki kamar tersendiri, sedangkan anak-anak asuhnya tinggal dalam satu kamar.
Desa
Sebuah SOS Desa Taruna teridiri dari 12 – 15 rumah keluarga. SOS Desa Taruna biasanya terletak di lokasi yang indah di dekat sebuah kota besar. Tujuan pendirian SOS Desa Taruna adalah menjembatani anak-anak, agar merasakan hidup di dalam keluarga di tengah masyarakat, dimana keluarga merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan di sekitar Desa Taruna.

PENDIDIKAN DI SEKOLAH
Berdasarkan pada prinsip pembauran sebagai terapi, maka pada dasarnya SOS Desa Taruna tidak menyelenggarakan sekolahnya sen­diri, kecuali Taman Kanak-Kanak, yang juga terbuka bagi masyara­kat. Para anak asuh diberi kesempatan untuk menuntut ilmu sesuai dengan bakat dan kemampuannya masing-masing. Jika dipandang perlu, di dalam SOS Desa Taruna dapat disediakan sarana-sarana untuk berlatih berbagai bidang keterampilan.

Sudah banyak sarjana dan sarjana muda yang dihasilkan oleh SOS Desa Taruna, dan para lulusan SLA yang tidak memungkinkan melanjutkan ke Perguruan Tinggi pun dibekali keterampilan tambahan untuk memulai kehidupan yang mandiri.

Untuk saat ini, jumlah anak-anak di Panti Asuhan BERSINAR adalah 129 anak, dengan rincian sebagai berikut *):

Jenis Kelamin:
Laki-laki : 68 anak
Perempuan: : 61 anak

Pedidikan:
Balita : 7 (tujuh) anak
TK : 6 (enam) anak
SD : 52 anak
SMP : 22 anak
SMU/SMK : 22 anak
Perguruan Tinggi : 14 anak
Agama:
Islam : 53 anak
Katolik : 49 anak
Protestan : 27 anak
Kursus – Kursus : 5 (lima) anak
Magang : 1 (satu) anak
Village : 102 anak
Di asrama : 10 (sepuluh) anak
Kuliah/Kos : 17 anak
Ada mobil dan bus jemputan untuk menjemput anak-anak pergi dan pulang sekolah.
Terdapat 15 rumah, 15 ibu asuh, dan 4 tante (asisten ibu).

PENDANAAN
Biaya yang dipergunakan berasal dari sumbangan-sumbangan, baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri, yang disalurkan melalui SOS Kinderdorf Internasional. Setiap Desa SOS diharap­kan lambat laun dapat mandiri, artinya tidak perlu menggantungkan dirinya pada bantuan luar negeri.
MANFAAT LAIN DENGAN ADANYA SOS DESA TARUNA
Manfaat adanya SOS Desa Taruna di suatu tempat dapat dirasakan dan digunakan untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas, khususnya bagi lembaga-lembaga perguruan tinggi maupun lembaga-lembaga sosial dan organisasi-organisasi wanita, diantaranya dipergunakan seba­gai:
1.Panutan bagi masyarakat sekelilingnya dalam melaksana­kan hidup yang sehat, teratur, dan bersih, sekaligus hangat dan akrab dalam satu keluarga.
2.Turut membantu mengembangkan masyarakat sekeliling, melalui proyek sosial masyarakat seperti Posyandu, Klinik, Puskesmas, Sekolah, Taman Kanak-kanak, Pusat Pelatihan Keterampilan dan sebagainya.
3.Tempat kuliah kerja dan riset untuk bidang-bidang yang menyangkut masalah sosial, psikologi, kesehatan anak-anak dan sebagainya.
4.Tempat praktik para calon pekerja sosial, khusus­nya menangani masalah anak-anak terlantar.

PENGURUS SOS CHILDREN’S VILLAGE: *)

I.Pimpinan : Bpk. Y. R. Sutoyo
II.Sekretaris : Ibu Kristi
III.Bendahara : Ibu Sundarning
IV.Para Pembina:
1.Bpk. Susilo (Psikolog)
2.Bpk. Valen (Educater)
3.Ibu Loli (Educater)
*) data tahun 2010

Karya SOS DESA TARUNA
1.SOS Desa Tarun di Lembang-Bandung, Cibubur-Jakarta Timur, Semarang, Bali Flores, Banda Aceh, Meulaboh, Medan, dan Maumere.
2.Taman kanak-Kanak di lima provinsi di Indonesia.
3.Sekolah Dasar.
4.Rumah Remaja di enam provinsi di Indonesia.
5.Bengkel latihan kerja.
6.Klinik umum dan gigi.
7.Pusat pendidikan dan pelatihan
8.Bantuan bagi pengungsi
9.Rumah Bunda di tiga provinsi di Indonesia.
10.FSP di Semarang, Jakarta, dan Medan.

PARTISIPASI MASYARAKAT
Setiap orang dapat berpartisipasi dengan SOS Desa Taruna di dalam usaha-usahanya mengatasi masalah-masalah anak-anak terlantar, yaitu dengan menjadi "SAHABAT SOS DESA TARUNA". Partisipasi semacam itu sifatnya sukarela dalam bentuk maupun bidang yang beraneka ragam seperti:
1.Sumbangan sukarela secara berkala maupun insidental, baik berupa dana maupun barang.
2.Menjadi SPONSOR, yaitu menjadi orang tua asuh yang secara berkala membantu seorang atau lebih anak asuh.
3.Mengadakan kunjungan secara periodik atau menghibur anak-anak SOS Desa Taruna dan mengadakan kegiatan lainnya sebagai rasa ikut memiliki SOS Desa Taruna.
4.Membantu anak remaja SOS untuk mendapatkan pendidikan keahlian dan keterampilan, serta membantu menyalurkan mereka ke tempat-tempat kerja yang sesuai dengan keahlian dan keterampilannya.

Dengan ini SOS Desa Taruna mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama menjadikan dunia tempat kita tinggal ini menjadi lebih indah, lebih adil dan damai terutama bagi anak-anak, yaitu dengan memberikan perhatian kepada anak manusia yang telah terlantar, agar mereka mendapatkan kembali harapan-harapan bagi hari depannya.

Keterangan lebih lanjut mengenai karya kemanusiaan SOS Desa Taruna (SOS Children’s Village) Jakarta Anda dapat menghubungi:



SOS DESA TARUNA JAKARTA
Jalan Karya Bhakti No. 1 Cibubur
Jakarta Timur 13720
Tlp. (021) 8730817
Fax. (021) 8731263
E-mail: jakarta@sos.or.id

Bantuan Dana dapat Anda salurkan melalui:
Rekening BCA: 137 – 3004450
Rekening Mandiri: 129 – 0090019445
a.n.: SOS Desa Taruna

Anda dapat juga menghubungi SOS Desa Taruna (SOS Children’s Village) lainnya di beberapa daerah di Indonesia:
1.SOS Desa Taruna Indonesia, Jl. Sari Endah 9, Bandung 40152. Ph. (022) 2012881, Fax. (022) 2011026, nco@sos.or.id

2.SOS Desa Taruna Lembang, Jl. Teropong Bintang, Lembang, Bandung 40391. Ph. (022) 2786141, Fax. (022) 2786273, lembang@sos.or.id Acc: BCA No. 0083750445, a.n. Yay SOS DS Taruna/Kinderdorf.

3.SOS Desa Taruna Semarang, Jalan Durian Km. 1, Banyumanik, Semarang 50237. Ph. (024) 7472264, Fax. (024) 7473279, semarang@sos.or.id Acc: BCA No.0093093752, a.n. SOS Desa Taruna Semarang.

4.SOS Desa Taruna Bali, Jl. Raya Gilimanuk Km. 32, Bantas, Selemadeg Timur, Tabanan, Bali Ph (0361) 7473713/7473279, bali@sos.or.id Acc. BCA Tabanan, No.040-348056-5, a.n. SOS Desa Taruna Indonesia.

5.SOS Desa Taruna Flores, Jl. Magepanda Km 14, Waturia, Maumere, Flores, NTT, Mobile Ph. 0812-3798845, 086812109007, flores@sos.or.id Acc. BNI Maumere No. 54926493, a.n. SOS Desa Taruna Flores.

6.SOS Desa Taruna Medan, Jl. Seroja, Tanjung Selamat, Medan Tuntungan, Medan Ph (061) 8226228,sos-medan@mdn.centrin.net.ic

7.SOS Desa Taruna Banda Aceh, Jl. Teungku Seh, Ds. Lamreung, Kec. Darul Imarah, Kab. Aceh Besar, Mobile Ph. 081511717491, Ph. (0651) 7445055 sosdtbandaaceh@walla.com Acc: BCA-KCP Lembang No. 137-300294-5 a.n. Yay SOS Ds Taruna/Kinderdorf.

8.SOS Desa Taruna Meulaboh, Jl. Cot Nibong, Ds Lapang, Kec. Johan Pahlawan, Aceh Barat, Mobile Ph. 08122395481, Ph (0655) 7551013/7006807 meulaboh@sos.or.id Acc: BCA-KCP Lembang No. 137-300364-0 a.n. Yay SOS Ds Taruna/Kinderdorf.
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Wed Apr 26 2017 09:22 AM
Our Visitors :922876
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Jasa Pembuatan Website By IKT