bg lower
Lain-lain Panti Tresna Werdha dan Panti Asuhan PNIEL - BINTARO
Panti Tresna Werdha dan Panti Asuhan PNIEL - BINTARO01/11/2010Yayasan Kasih Orang Tua dan Peduli Anak PNIEL
(update terakhir tanggal 26 Desember 2009)
Fenomena yang terjadi di kota besar seperti Jakarta saat ini, membuat sebagian masyarakat enggan untuk mengurus kedua orang tuanya yang sudah lanjut usia. Akhirnya dengan gampang saja, mereka menitipkan kedua orang tuanya ke panti-panti jompo di sekitar wilayah Jakarta. Alasan mereka sangat sederhana, akibat terlalu sibuk di pekerjaan sehingga tidak mempunyai waktu lagi untuk mengasuh orang tua. Mereka menitipkan orang tuanya dengan maksud supaya mendapatkan perawatan ektra dari setiap suster yang menjaganya. Tak heran seperti Jakarta yang padat dengan segala bentuk aktifitas berjamurlah panti-panti Werdha yang khusus mengurusi lansia ( Lanjut Usia). Sala satunya Panti Trisna Werda PNIEL Jakarta yang konon usianya sudah 105 tahun dan merupakan panti tertua di Indonesia bahkan tertua di Asia Tenggara.

PROFIL
Menurut Drs.Frans Hitipeuw. Ketua Yayasan Kasih Orang Tua Pniel Jakarta (sebelumya). Berdirinya Panti Tresna Werdha PNIEL Jakarta pada tahun 1903 yang dulu bermama Hovier PNIEL, tak lepas dari peran seorang keluarga Belanda yang ingin mendirikan suatu panti untuk memelihara orang-orang terlantar di sekitar wilayah Jakarta. Sedangkan Hovier PNIEL diresmikan pada tahun 1905 oleh jemaat yang pada waktu itu masih bernama Jemaat Kristen Protestan PNIEL Jakarta dan mulai beroperasi tahun 1906.

Rencana pendirian Hovier PNIEL sendiri pada waktu itu mengalami tiga kali pindah tempat dikarenakan tempat yang kurang strategis. Rencana pertama Hovier PNIEL akan di bangun di samping Gereja IMMANUEL Jakarta tepatnya di depan Kas Negara Gambir sekarang kantor PLN Jakarta Pusat. Kemudian karena tidak sesuai juga, lalu Hovier PNIEL direncanakan di bangun di Jl. Mangga Besar namun masih tidak sesuai. Akhirnya diputuskan untuk membangun Hovier PNIEL di jalan Pintu Besi yang sekarang bernama jalan Samanhudi Dalam 26 Jakarta Pusat.

Fungsi Hovier Pniel semula untuk menampung para janda, duda maupun orang-orang terlantar yang ada di Jakarta namun masih dalam lingkungan umat Kristen. Tetapi karena bergejolak perang dunia kedua, fungsi Hovier PNIEL berubah walaupun misinya masih tetap mengurusi orang-orang terlantar yaitu : mengurusi janda-janda, dan anak-anak akibat perang dunia kedua.

Sementara masih kata Drs. Frans Hitipeu ( Pimpinan Sebelum), sebelum proklamasi kemerdekaan RI badan pengurus dari Hovier PNIEL ini masih di pimpin oleh orang-orang Belanda yang pada waktu itu masih berdomisili di Indonesia, akan tetapi setelah kemerdekaan RI Badan pengurus Hovier PNIEL menyerahkan panti tersebut ke tangan Indonesia dan sekitar tahun 1965 Hovier PNIEL berubah nama menjadi POT ( Perumahan Orang Tua ) PNIEL Jakarata.

Sejak pengalihan POT PNIEL dari Sinode GPIB pada tahun 1967 ke Jamaat GPIB PNIEL Jakarta. Kepengurusan POT PNIEL di serahkan ke Jemaat GPIB PNIEL yang dipilih sekali dalam lima tahun secara periode.
Baru sekitar tahun 1992 atas Instruksi dari Mentri Sosial RI, POT PNIEL berubah nama menjadi Panti Tresna Werdha PNIEL Jakarta

Perjalanan Panti Tresna Werdha PNIEL tidak selalu mulus, ada saja kerikil-kerikil tajam yang menghambatnya, seperti yang di jelaskan oleh Drs.Frans Hitipeuw Ketua yayasan sebelumya. Sekitar tahun 1993 aset yang terdapat di Panti Trisna Werdha PNIEL tanpa sepengetahuan oleh Badan Pengurus Panti Trisna Werdha PNIEL Jakarta maupn Jemaat GPIB PNIEL Jakarta di jual oleh Sinode GPIB, tanpa alasan yang kongkrit.
Tak pelak lagi membuat kalang kabut baik BPH Panti Trisna Werdha PNIEL Jakarta maupun jemaat GPIB PNIEL. Sehingga mereka mengajukan masalah sengketa Panti Trisna Werdha PNIEL dengan Sinode GPIB kepada pengadilan Negeri Jakarta Pusat Sehingga dalam putusan pengadilan Negeri Jakarta Pusat BPH Panti Trisna Werdha PNIEL dinyatakan menang dan Panti Trisna Werdha PNIEL tersebut dapat beroperasi kembali. Merasa dikalahkan di pengadilan Negeri Jakarta Pusat pihak sinode GPIB melakukan naik banding ke pengadilan tinggi Jakarta.

Selanjutnya Panti Trisna Werdha PNIEL di pindahkan ke kawasan bintaro Jakarta Selatan pada tahun 2003 atas inisiatif BPH dan
disetujui Departemen Sosial Indonesia.

Setelah satu tahun kami berada di Bintaro kami mempunyai rencana untuk mengambil anak-anak Korban kerusuhan Ambon yang dimana orang tua mereka telah tiada akibat konflik yang melanda daerah mereka, dengan tujuan untuk mendidik, dan membina, supaya mereka juga bisa mendapatkan pendidikan yang layak sama seperti anak-anak Bangsa lainnya, mereka juga kami latih supaya bisa mengasihi dan melayani orang tua kendatipun bukan orang tua kandung mereka ( rasa peduli terhadap orang lain ).

Akhirnya kami mengambil 48 anak Korban kerusuhan Ambon antara lain 24 anak laki-laki dan 17 anak perempuan untuk mendidik, membina, dan melatih mereka. Sedangkan Oma-Opa kami berjumlah 50 orang terdiri dari ; Oma 31 orang, Opa 19 orang. karyawan berjumah 15 orang.

Demikian riwayat berdirinya Panti Trisna Werdha PNIEL atau Yayasan Kasih Orang Tua dan Peduli Anak PNIEL yang bertempat di Jl. Kampung Pondok Jaya No.48-49 Rt.03-04 Rw.001. Kampung Pondok Jaya Bintaro Sektor 7 Tangerang Banten.

Puji Tuhan melalui pembinaan yang cukup kami berikan kepada anak-anak korban kerusuhan Ambon yang ada di Yayasan Kasih Orang Tua dan Peduli Anak PNIEL sehingga peristiwan berdarah yang pernah mereka alami beberapa waktu lalu sudah terlupakan oleh anak-anak tersebut.
Bahkan mereka sudah bisa memuliakan Tuhan melalui talenta yang mereka miliki, lewat suara-suara yang indah yang dikaruniakan Tuhan sehingga mereka menamakan diri mereka

PENGURUS
Ketua Yayasan : Ny. Stien Hitipeuw

KEBUTUHAN
Biaya sekolah anak-anak panti asuhan.

ALAMAT
Jl. Kampung Pondok Jaya No.48-49 Rt.03-04 Rw.001. Kampung Pondok Jaya Bintaro Sektor 7
Telp. 021-7456180, HP. 081380330077
Fax. 021-7456180, HP. 081380330077
sekretariat
Kompleks Ruko Mega GrosirCempaka Mas Blok N no 21Jl. Letjen Suprapto Jakarta Pusat Telp: 021-42889232Fax: 021-42889233Email: karuniadanpanggilan@yahoo.co.id
login
USERNAME
bar login
PASSWORD
bar
date and time
Mon Apr 21 2014 01:21 AM
Our Visitors :197587
forumterbaru dalam forum
Cari Berita
logo
Powered By Inti Karya Teknologi